Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga, Pemkab Mesuji Terjunkan 8 Armada

Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga, Pemkab Mesuji Terjunkan 8 Armada

Pemkab Mesuji distribusikan bantuan air bersih-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dampak Musim kemarau sangat dirasakan sebagian besar masyarakat MESUJI, hampir sebagian besar desa mengalami kekeringan sehingga tidak hanya masalah air bersih yang menjadi permasalahan.

Namun masalah kesehatan masyarakat juga terancam dengan banyaknya debu yang berterbangan dan juga ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan.

Untuk itu Pemkab Mesuji membentuk Tim Satgas Penanggulangan dampak El Nino salah satunya yaitu terkait bantuan air bersih kepada masyarakat.

"Kami kembali mendistribusikan air bersih ke masyarakat Desa yang ada di Mesuji yang mengalami masalah kesulitan air bersih. Delapan armada kita luncurkan ke Rawa Jitu Utara untuk mengirimkan air bersih ke masyarakat di beberapa desa di Kecamatan tersebut," kata Pj Bupati Mesuji Sulpakar, Kamis 28 September 2023.

BACA JUGA:Pj Bupati Mesuji Sulpakar Lantik 16 Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak, Begini Pesannya

Selain itu menurutnya sekali jalan satu armada mampu membawa 55.000 Liter air bersih untuk didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

"Harapan kami dengan adanya pendistribusian air bersih ini dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat desa yang ada di Kecamatan Rawajitu Utara," katanya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan terus rutin dilakukan dari kecamatan yang satu dan pindah ke kecamatan yang lain.

BACA JUGA:Mesuji Distribusikan Bantuan Beras untuk 19.246 KPM

"Yang sudah kita distribusikan air bersih yaitu di kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, Simpang Pematang, Panca Jaya dan Rawa Jitu Utara, terus ke kecamatan yang lain yang belum secara bergiliran," tambah Sulpakar 

Selain itu kebakaran hutan dan lahan di beberapa tempat juga terus ditanggulangi Damkartan hingga malam hari.

Bahkan, lanjutnya, petugas menginap di lokasi berjuang bersama BPBD, pihak swasta, Tagana, TNI/Polri dan masyarakat serta organisasi pemuda/masyarakat untuk memadamkan api di berapa tempat.

BACA JUGA:KPU Mesuji Ajukan Anggaran untuk Pilkada 2024, Nilainya Gak Main-Main

"Saya berharap kepada Kepala Desa dan perangkatnya serta Camat dapat terus secara rutin mensosialisasikan ke masyarakat terkait dampak El Nino yang saat ini terjadi dan beberapa hal yang dapat mengakibatkan kebakaran dan bencana lainnya," ungkapnya.

Sumber: