Pj Bupati Mesuji Sulpakar Lantik 16 Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak, Begini Pesannya

Pj Bupati Mesuji Sulpakar Lantik 16 Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak, Begini Pesannya

Pj Bupati Mesuji Sulpakar melantik kepala desa terpilih-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Sebanyak 16 kepala Desa yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar Agustus lalu di dilantik di Balai Desa Rejo Binangun, Kecamatan Simpang Pematang, Rabu 13 September 2023.   

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan jika kepala desa terpilih harus segera turun ke masyarakat dan pahami aturan serta tanggung jawab. 

Menurutnya, salah satu faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya atau maju mundurnya desa tidak lepas dari pola kepemimpinan seorang kepala desa. 

"Untuk itu, dalam menjalankan tugasnya, seorang kepala desa harus mengerti hak dan kewajibannya serta tanggung jawabnya, serta memberikan contoh dan tauladan sebagai orang nomor satu di desanya," jelas Sulpakar.

BACA JUGA:Tinjau Pilkades Serentak Mesuji, Begini Pesan Penting Pj Bupati Sulpakar dan Kapolres

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, lanjut dia, secara umum tugas seorang kepala desa adalah untuk menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sebagai kepala pemerintahan desa, Kepala Desa harus mengerti, memahami, dan mempedomani Peraturan.

"Berikan teladan kepada masyarakat untuk tahu, paham, dan taat pada hukum yang berlaku. Jika kepala desa saja tidak paham aturan, bagaimana dapat membawa masyarakatnya pada kemajuan," imbuhnya. 

BACA JUGA:7.475 Peserta Ramaikan Pawai Budaya Mesuji, Pj Bupati Sulpakar Sampaikan Ini

Sulpakar pun menuntut kepala desa untuk memiliki inovasi dan kreatif dalam membangun desa. 

"Seorang kepala desa harus lebih visioner, kreatif, dan inovatif. Selain itu, juga harus terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan masyarakat," tukasnya. 

Dalam kesempatan itu, Sulpakar mengucapkan terima kasih kepada kepala desa yang sebelumnya menjabat. 

BACA JUGA:Pj Bupati Sulpakar Lantik Camat Mesuji, Ini Sosoknya

"Hasil yang dicapai tidak lepas dari kinerja kepala desa sebelumnya. Kami apresiasi itu dan kami berikan penghargaan setinggi tingginya," lanjut Sulpakar. (*) 

Sumber: