Raih Akreditasi Unggul, Begini Kata Rektor Unila Prof Lusmeilia Afriani

Raih Akreditasi Unggul, Begini Kata Rektor Unila Prof Lusmeilia Afriani

Universitas Lampung-Unila-

LAMPUNG, RADARTUBA.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) kian menunjukan persaingannya sebagai perguruan tinggi.

Salah satunya ialah saat ini Unila resmi menyandang predikat akreditasi Unggul.

Hal ini berdasarkan surat keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 799/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/X/2023 yang menyatakan Unila memenuhi syarat peringkat akreditasi Unggul. 

Keputusan ini berlaku sejak 24 Oktober 2023 sampai 21 Desember 2026. Sertifikat akreditasi ini ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Ari Purbayanto, Ph.D.

BACA JUGA:Congrats! Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Resmi Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Unila

Hal ini juga diungkapkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng. Menurutnya, dengan adanya predikat akreditasi Unggul untuk Unila harus sangat dimanfaatkan mahasiswa dalam menuntut ilmu nantinya di Unila.

"Unila harus terus menghasilkan alumni yang terus berkarya dan berinovasi, kita tahu saat ini unila terakreditasi unggul, itu penilaiannya karena ada alumni yang berhasil," singkat Rektor.

Mengutip dalam laman Kemendikbud, perguruan tinggi yang mendapat predikat unggul ini didalam akreditasi cenderung dianggap sebagai tempat yang serius dalam memberikan pendidikan berkualitas. 

BACA JUGA:Prof Rudy Resmi Jadi Guru Besar ke 111 Unila, 6 Orang Guru Besar Lainnya Segera Menyusul

Maka, memiliki akses yang lebih baik ke sumber daya seperti dana penelitian, dukungan pemerintah, dan sponsor industri.

Hal ini dapat mendukung penelitian, pengembangan program, dan infrastruktur kampus.

Mengutip dari laman Kemendikbud, sebuah lembaga pendidikan yang telah mendapatkan nilai akreditasi A belum tentu dapat masuk dalam kategori predikat unggul. Artinya akreditasi Unggul itu lebih baik dari A.

Karenya untuk universitas yang sudah terakreditasi Unggul aritnya telah melewati standar akreditasi dengan sangat baik dan diakui serta memiliki kualitas yang sangat tinggi dalam pendidikan dan penelitian.

BACA JUGA:Versi THE WUR 2024, Unila Jadi Universitas Terbaik Nomor 16 di Indonesia, Terbaik 3 di Sumatera

Sumber: