Peminat SNBT Unila Naik 30 Persen, Tembus 37.618 Ini 5 Prodi Favorit

Peminat SNBT Unila Naik 30 Persen, Tembus 37.618 Ini 5 Prodi Favorit

Konferensi pers Unila-Melida Rohlita-

LAMPUNG, RADARTUBA.CO.ID - Peningkatan Signifikan terjadi pada peminat  Pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar 37.618 orang di Universitas LAMPUNG (Unila).

Ya, tepat pada tanggal 13 Juni 2024 Panitia SNPMB mengumumkan peserta lolos seleksi SNBT tepat pukul 15.00 WIB pada akun SNPMB masing-masing.

Dalam konferensi persnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Dr. Suripto Dwi Nyuwono mengatakan jika terdapat kenaikan peminat ýang mendaftar pada kampus hijau tersebut dibandingkan tahun lalu.

"Dari data statistik yang kami punya, ada sekitar total peminat 37.618 orang pendaftar sedangkan tahun lalu  28.759 pendaftar atau naik 30 persen," kata Suripto didampingi Humas PMB M Komarudin dan Sekretarisnya.

BACA JUGA:Deretan Alumni Unila yang Sukses Jadi Kepala Daerah dan Pejabat Publik

Dari total peminat tersebut hanya 5.278 siswa yang diterima menjadi calon mahasiswa dengan total keketatan 1:8.

"Dari total tersebut ada 2.054 calon penerima beasiswa KIP Kemendikbud ristek," ujarnya.

Meski begitu, saat ditanya mengapa jumlah yang diterima pada tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 5348 orang, Suripto menyebut jika pada pendaftaran SNBT ini tidak semua kuota terpenuhi dengan artian sebagian besar pendaftar hanya mendaftar pada 10 prodi favorit saja.

BACA JUGA:Kumpulan Alumni Unila yang Jadi Orang Penting di Indonesia, Dari Jenderal Polisi sampai Jaksa Agung

"Secara daya tampung Unila menyediakan kuota banyak, untuk 10 prodi itu sangat ketat dan banyak prodi sepi karena banyak memilih prodi Populer, jadi jurusan dan kuotanya tidak penuh meskipun jumlah peminat tinggi sekali bahkan secara nasional 700.000 yang diterima 300.000  jadi 1:8 yang lulus itu tergantung minat ketika memilih prodi," jelasnya.

Walaupun banyak yang tidak lulus, pihaknya tetap meminta para siswa untuk tidak berkecil hati karena masih ada Penerimaan jalur mandiri ýang sudah dibuka sejak 10 Juni 2024.

Bahkan ditambahkan Humas PMB Unila M Komarudin ýang menyebut Kuota Jalur Mandiri  yang 30 persen itu bisa bertambah bila mana ada peserta yang lolos pada SNBT mengundurkan diri.

BACA JUGA:Daftar Alumni Unila yang Jadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Tulang Bawang Lampung

"Karena ini bukan sekolah ýang mendaftar tapi kalau ada peserta yang tidak melakukan registrasi atau dengan kata lain mengundurkan maka kuotanya akan ditambakan ke jalur mandiri. Maka dari itu proses registrasi ulang tidak lama hanya lima hari," ungkapnya.

Sumber: