Selamat Jalan Prof. Dr. Sitanala Arsyad, M.Sc, Tunai Sudah Misi Muliamu

Selamat Jalan Prof. Dr. Sitanala Arsyad, M.Sc, Tunai Sudah Misi Muliamu

Prof. Sitanala memimpin langsung pengukuran lahan kampus Unila Gedung Meneng tahun 1973-Arsip Dok. Unila-

Pada periode kedua beliau melakukan penyempurnaan susunan pimpinan dengan Alhusniduki Hamim, S.E., M.Sc (PR I), Rasjid Machsus Akrabi, S.H (PR II), Aris Panuju, S.E. (PR III) dan Drs. Madrie (PR IV).

Bersamaan dengan penyempurnaan organisasi/administrasi universitas dibentuk pula Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat,Perpustakaan Pusat, Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum, dan Lembaga Bahasa.

Saat itu, mengingat kebutuhan pembangunan daerah serta kebutuhan masyarakat terhadap keahlian dibidang teknik, maka atas dukungan Pemeritah Daerah Tingkat I Propinsi Lampung, pada tanggal 13 Januari 1978 dibentk Panitia Persipan Pembukaan Fakultas Teknik Sipil.

Dengan Surat Keputusan Rektor Unila No. 03/KPTS/P/1979 tanggal 8 Januari  1979.

Dengan didirikanya Fakultas Non Gelar Teknologi hingga saat ini Universita Lampung telah memiliki 6 Fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan, Fakultas Pertanian serta Fakultas Non Gelar Teknologi.

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, tantangan utama Unila periode itu adalah dalam hal staf pengajar baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Memahami masalah yang ada, pimpinan Unila membangun fasilitas perumahan sederhana untuk penghunian sementara bagi para dosen baru.

Alhamdulillah dosen-dosen baru berdatangan dan bersama membangun Unila.

Pada kurun waktu itu, tenaga dosen bertambah hampir 300 persen yaitu mencapai 188 orang dan 7 diantaranya mendapat gelar master dari dalam dan luar negeri. 

Akhirnya, jabatan Rektor Unila ia serah terimakan kepada Prof. Dr. Margono Slamet, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.198/M/1981 tangal 14 Nopember 1981.

Hingga kini, Unila terus berbenah dan melakukan peningkatan mutu dan produktivitas, dan peningkatan fungsi Unila sebagai instrumen pembangunan di daerah Lampung.

Untuk itu, Unila melakukan  berbagai program pengembangan staf baik kualitatif maupun kuantitatif, pengembangan prasarana dan sarana kampus, pengembangan kurikulum program akademis dan sistem administrasi akademik.

Universitas Lampung, kebanggaan masyarakat  Lampung, hari ini menapaki usia yang ke-58, terus semangat untuk mempercepat Pembangunan khususnya di provinsi Lampung.

Hingga sekarang, perjuangan, pengorbanan, pengabdian, dan keteladanan yang diberikan   Unila telah berkontribusi dalam mewarnai  perkembangan kehidupan masyarakat baik  yang berada di Lampung maupun di wilayah Indonesia. 

Sebagai pendidik, Sitanala telah melahirkan puluhan artikel ilmu tanah yang telah diterbitkan pada jurnal dalam dan luar negeri.

Sumber: