Hadirkan Psikolog dan LPHPA Lampung, Dinas PPPA Mesuji Gelar Pelatihan

Hadirkan Psikolog dan LPHPA Lampung, Dinas PPPA Mesuji Gelar Pelatihan

Dinas PPPA Mesuji gelar pelatihan management kasus-Ardian Mukti-

BACA JUGA:Simak, Begini Cara dan Upaya Pemkab Mesuji Meminimalisir Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan

Sedangkan dari KPAI, periode Januari hingga Agustus 2023 tercatat sebanyak 2.355 laporan kekerasan terhadap anak. 

"Untuk di Provinsi Lampung sendiri, berdasarkan data dari SIMFONI Kemen PPA sepanjang Januari hingga Agustus 2023, tercatat sebanyak 483 kasus dan di Kabupaten Mesuji terdapat 15 Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak," jelasnya. 

Berdasarkan data-data diatas, ungkap Sakroni kekerasan pada perempuan dan anak merupakan hal yang harus kita tangani secara serius dan memerlukan kerja sama yang baik dari semua pihak.

Maka dari itu, Sakroni menilai lembaga pemerintah harus menjadi pelopor atas sinergitas kebijakan, program, dan kegiatan untuk meminimalisir faktor-faktor penyebab kekerasan terhadap perempuan dan anak yang sangat kompleks. 

BACA JUGA:Bejat, Ayah Tiri di Mesuji Lampung Gagahi Anaknya Hingga Hamil, Korban Trauma dan Pelaku Kabur

Ia pun berharap penguatan koordinasi inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menghadirkan peran pemerintah dalam menjawab tantangan dan permasalahan kekerasan pada perempuan dan anak. 

"Mari kita bangun komitmen untuk memperkuat jejaring koordinasi antar stakeholder ini, yang merupakan faktor penting dalam proses pencegahan dan penanganan kasus," paparnya. 

Selain itu, Sakroni juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Mesuji untuk tanamkan nilai-nilai karakter saling peduli, saling menyayangi dan saling menjaga. Sehingga dapat terhindar dari perilaku kekerasan. (*) 

Sumber: