KPU Mesuji Umumkan 4 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Selesai Lakukan Tes Kesehatan, Ini Hasilnya

KPU Mesuji Umumkan 4 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Selesai Lakukan Tes Kesehatan, Ini Hasilnya

Pemeriksaan kesehatan paslon bupati dan wakil bupati Mesuji-Dok. KPU Mesuji-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten MESUJI menjelaskan, empat pasangan Bakal calon Bupati dan wakil Bupati MESUJI sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Jenderal Ahmad Yani Metro.

Menurut Ketua KPU Mesuji Ali Yasir jika pelaksanaan pemeriksaan Bacalon bupati dan wakil Bupati Mesuji sudah selesai dilaksanakan selama dua hari.

“Hasil pemeriksaan kesehatan diperlukan, untuk proses penelitian persyaratan administrasi bagi para bakal calon," kata Acing sapaan akrab Ketua KPU Mesuji Minggu 1 September 2024.

Sekedar diketahui, kata Ali, keempat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Mesuji yang bersaing dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, setelah berkas persyaratan pendaftaran mereka dinyatakan lengkap langsung melakukan tes kesehatan.

BACA JUGA:KPU Mesuji Bocorkan Waktu Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2024

Ke-empat pasangan Bakal Calon Bupati Mesuji tersebut yaitu Elfianah - Yugi Wicaksono pendaftaran kedua Syamsudin - Yulivan Nurullah pendaftaran ketiga Suprapto - Fuad Amrulloh dan pendaftar terakhir yaitu Edi Azhari - Tri Isyani.

Sementara Hari kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mesuji, yang diusung oleh Partai Nasdem, Parta Demokrat dan Partai Golkar, Elfianah & Yugi Wicaksono  melakukan pemeriksaan kesehatan Psikologi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jendral Ahmad Yani Kota Metro Provinsi Lampung. Minggu, 1 September 2024, pagi Wib 9.00.

Pada pemeriksaan hari kedua ini dilakukan pengecekan psikologi kejiwaan melalui 3 tes antara lain,  pertama yaitu tes kejiwaan dengan metode MMPI dengan menjawab 560 pertanyaan,  kedua yaitu tes IQ dan kepribadian dan yang terakhir adalah wawancara kejiwaan yang dilakukan oleh dr.Junaidi, S.Psi., M.Psi. yang merupakan dokter spesialis kedokteran jiwa RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro. 

BACA JUGA:Target Perekaman DP4 Tembus 47,7 Persen, Disdukcapil Mesuji Optimis Selesai Sebelum Pilkada

Dikatakan oleh Elfianah, pemeriksaan tersebut, dibuat 2 hari, antara tes fisik jasmani dan tes psikologi. Dikarenakan keduanya cukup sulit, untuk melakukan pemeriksaan kesegaran fisik dan psikologi, makannya dibuat oleh KPU terpisah. 

"Tes kejiwaan itu membutuhkan fisik yang segar, agar apa yang di jawab dan kita tulis sesuai dengan jiwa dan fisik yang sehat,” terang mantan Ketua DPRD Mesuji tahun 2019-2024  pada saat jumpa Pers kepada awak media. 

Tes pemeriksaan kejiwaan, lanjut Elfianah, dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB dengan melalui rangkaian proses panjang tes psikologi, di akhiri wawancara.

BACA JUGA:KPU Mesuji Tetapkan DPS Pilkada 2024, Jumlahnya 170.443, Ini Rinciannya

"Kami ucapkan terimakasih kepada pihak RSUD Jendral Ahmad Yani, yang sudah menyediakan tempat dan memberikan pelayanan terbaik serta ungkapan terimakasih kepada KPU Mesuji dan Bawaslu Mesuji dalam melakukan pengawasan kepada pasangan calon dalam melaksanakan tes fisik jasmani dan hari kedua tes psikologi kejiwaan," ucap calon Bupati yang ramah dengan masyarakat Mesuji. 

Sumber: