Genjot Sektor Perikanan, Lampung Utara Tempati Tiga Besar Penghasil Ikan di Lampung

Genjot Sektor Perikanan, Lampung Utara Tempati Tiga Besar Penghasil Ikan di Lampung

Pemkab Lampung Utara akan genjot sektor perikanan-Dokumentasi -

LAMPUNG UTARA, RADARTUBA.CO.ID - Kabupaten LAMPUNG Utara (Lampura), tercatat masuk dalam 3 besar penghasil ikan di Provinsi LAMPUNG.

Untuk itu, pemerintah daerah berupaya mendorong sektor yang saat ini banyak digeluti masyarakat di sana. Sehingga memberi dampak, khususnya bagi peningkatan perekonomian warga, Minggu 1 September 2024.

"Tentunya ini dapat berdampak positif, kalau ditingkatkan. Seperti perekonomian masyarakat, penyediaan lapangan kerja serta luas lainnya disini," ujar Pj Bupati Lampung Utara Aswarodi dalam kesempatan mengunjungi petani ikan air tawar di Kecamatan Abung Tinggi.

Aswarodi menjelaskan, bahwasanya persoalan yang sering dihadapi petani ikan adalah soal penjualan atau perlakuan lain, pasca panen yang melimpah dilaksanakan ditingkat petani ikan.

BACA JUGA:Pj. Bupati Lampung Utara Aswarodi Serahkan Bantuan Bapak Asuh untuk Anak Stunting, Begini Momennya

Sebab, kata dia, selama ini mereka merasa kurang dalam hal itu. Sehingga berharap pemerintah dapat mendorong, dalam meningkatkan usaha dilaksanakan oleh masyarakat di daerah tersebut.

"Pemerintah daerah terus berkomitmen, untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat. Khususnya berkecimpung di usaha budi daya ikan air tawar ini, terutama masalah penjualan yang dinilai masih menjadi kendalanya," terangnya.

Disisi lain, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Lampura, Sanny Lumi menambahkan, produksi ikan air tawar Lampura masuk kategori sentra di Provinsi Lampung. Bagaimana tidak, setiap kali panen hasilnya dapat mencapai ribuan ton setiap bulannya.

BACA JUGA:Saat Dikunjungi Presiden Jokowi, Pj. Bupati Lampung Utara Aswarodi Usulkan Revitalisasi Fasilitas Publik

"Dari data ini, kita akan berupaya mendatangkan pengusaha dari luar yang mampu menampung hasil produksi ikan dengan hasil melimpah para petani ini," sebut mantan Kadis Kominfo Lampura itu.

Pihaknya berharap, kedepan akan menjadi inspirasi pengusaha guna meningkatkan hasil produksi maupun turunannya di sana. 

Sebab, sebagai penghasil ikan masih membutuhkan dorongan dari pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten Lampura.

BACA JUGA:Banyak Pekerjaan Rumah, DPRD Minta Pj Bupati Lampung Utara Benahi RSUD Ryacudu

"Mudah mudahan pengusaha-pengusaha diluar daerah tertarik dan mau menampung hasil produksi ikan. Itu karena, Kabupaten Lampura masuk urutan nomor 3 penghasil ikan terbesar di Lampung," terangnya.

Sumber: