Soal Pengelolaan Jalan dan Jembatan, Pemkab Lampung Utara Manfaat Si Monalisa, Ini Keunggulannya

Soal Pengelolaan Jalan dan Jembatan, Pemkab Lampung Utara Manfaat Si Monalisa, Ini Keunggulannya

Pengenalan aplikasi Si Monalisa-Dokumentasi -

LAMPUNG UTARA, RADARTUBA.CO.ID - Sekretaris Dinas SDABMBK Kabupaten LAMPUNG UTARA (Lampura), Dirgantara mengambil langkah inovatif dengan menerapkan Sistem Informasi Monitoring dan Analisa (Si Monalisa) Mutu Jalan Kabupaten Untuk Meningkatkan Jalan Mantap Dalam Rangka Mewujudkan Konektivitas Wilayah Sebagai Penyangga Perekonomian Kabupaten pada Dinas SDABMBK Kabupaten setempat.

Dirgantara mengatakan, Inovasi ini merupakan gagasan kreatif yang lahir dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2024 untuk meningkatkan kinerja Dinas SDABMBK, khususnya dalam mengatasi isu rendahnya mutu jalan di Kabupaten.

"Si Monalisa hadir sebagai solusi untuk melakukan monitoring dan analisa menyeluruh terkait pengelolaan pembangunan jalan dan jembatan di Lampura," kata dia.

Sistem ini, lanjutnya, mencakup proses perencanaan, pelaksanaan, supervisi, dan pemeriksaan pengerjaan jalan kabupaten. 

BACA JUGA:Pj. Bupati Lampung Utara Aswarodi Serahkan Bantuan Bapak Asuh untuk Anak Stunting, Begini Momennya

"Dengan Si Monalisa, Dinas SDABMBK dapat memastikan mutu dan kualitas pembangunan jalan terjaga dengan baik. Implementasi SI MONALISA telah disusun dalam Aksi Perubahan terkait pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator," bebernya.

Hal ini menjadi pedoman untuk peningkatan kinerja organisasi, khususnya dalam mencapai IKU yang menjadi kewenangan Kepala Dinas. 

"Lebih dari itu, Si Monalisa juga menjadi komitmen Dinas SDABMBK untuk menjaga kualitas dan mutu jalan dan jembatan sebagai bentuk peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat Lampung Utara di bidang infrastruktur," bebernya.

BACA JUGA:Banyak Pekerjaan Rumah, DPRD Minta Pj Bupati Lampung Utara Benahi RSUD Ryacudu

Inovasi Si Monalisa patut diapresiasi dan ditiru oleh dinas-dinas lain di Lampura. Dengan menerapkan sistem ini, diharapkan kualitas jalan dan jembatan di Lampura dapat terus ditingkatkan, sehingga membuka jalan menuju konektivitas yang lebih baik dan kesejahteraan masyarakat yang lebih tinggi. (*)

Sumber: