Berkunjung ke Tangga Raja, Destinasi Wisata Bersejarah di Tulang Bawang, Tempat Berlabuh Para Raja Dahulu

Berkunjung ke Tangga Raja, Destinasi Wisata Bersejarah di Tulang Bawang, Tempat Berlabuh Para Raja Dahulu

Wisata Bersejarah Tangga Raja Tulang Bawang-Muhammad Zainal Arifin-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Kabupaten TULANG BAWANG, Lampung, memiliki banyak destinasi wisata sarat sejarah.

Salah satu destinasi wisata bersejarah di Tulang Bawang yakni Tangga Raja. Konon, tempat ini merupakan tempat berlabuh para raja-raja zaman dahulu.

Destinasi wisata sarat sejarah seperti Tangga Raja di Kabupaten Tulang Bawang sangat perlu dilestarikan. Sebab tempat ini merupakan salah satu lokasi bersejarah di wilayah setempat.

BACA JUGA: Melihat Komplek Wisata Sejarah di Tulang Bawang, Tawarkan Keindahan Replika Candi Prambanan

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Tulang Bawang, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat wisata penuh sejarah, Tangga Raja.

Di sebut Tangga Raja karena lokasi ini dulunya menjadi salah satu tempat transit atau dermaga khusus untuk raja-raja dan tamu kerajaan Tulang Bawang. 

Menurut masyarakat setempat, tempat ini juga dulunya menjadi petilasan para raja saat turun mandi pada masa jayanya.

Tangga Raja terletak di Lingkungan Ujung Gunung Ilir (UGI), Kecamatan Menggala

Lokasi Tangga Raja tepat berada di bawah pertigaan Jalan I (Straat 1). Tak jauh dari monumen berupa tugu jung bertahta, hanya sekitar lima menit dari pusat Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang.

Di sisi utara tugu ini terdapat satu jalan beraspal dan menurun, disitu terdapat plang sederhana dengan sebutan Jalan Tangga Raja. 

Jalan inilah yang menjadi saksi sejarah bahwa raja-raja yang bertahta kala itu menuju Sungai (Way) Tulang Bawang untuk mandi dan keperluan kebersihan lainnya di dekat Tangga Raja.

Tangga Raja berada tepat dibelakang permukiman warga. Sejak Tahun 2010 lalu Tangga Raja telah menjadi tempat wisata. 

Meskipun tidak sepenuhnya menjadi tujuan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang menandai Tangga Raja sebagai tempat yang dipercaya menjadi lokasi para raja di Menggala turun ke Sungai Tulang Bawang. 

Sumber: