Disdukcapil Jalin Kerjasama dengan Kejari Mesuji, Ini Fokusnya

Rabu 18-10-2023,14:59 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji menjalin Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Mesuji. 

MoU itu dilakukan langsung di Kantor Kejari Mesuji yang berada di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Selasa 17 Oktober 2023.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji Mursalin menerangkan jika MoU yang dilakukan ini mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

"MoU sudah kami laksanakan Siang tadi dengan Kajari langsung dan MoU yang dilakukan ini dalam rangka pendamping hukum di bidang perdata dan tata usaha negara," ujarnya. 

BACA JUGA:Resmikan Kantor Baru, PWI Mesuji Sekaligus MoU Penyelesaian Sengketa Pers dengan Kejaksaan

Sebab, ungkap Mursalin dalam keberjalanannya Disdukcapil Mesuji memberikan pelayanan, bisa dimungkinkan menimbulkan permasalahan hukum. 

Misalnya saja, terdapat gugatan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap Disdukcapil Mesuji. 

Padahal Disdukcapil Mesuji sendiri dalam menjalankan tugasnya tidak melanggar peraturan yang berlaku. 

"Dalam pelayanan nya pasti terdapat potensi gugatan TUN maupun Perdata. Dengan adanya MOU ini bisa mengeluarkan surat kuasa khusus untuk meminta pendamping Kejaksaan," terangnya. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Terminal di Mesuji Lampung, Kejaksaan Segera Tetapkan Tersangka

Maka dari itu, Mursalin beranggapan dengan kerjasama yang telah dilakukan bisa meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. 

Kemudian kerjasama yang dilakukan ini dapat meningkatkan sinergitas antara Disdukcapil dengan Kejari Mesuji. 

"Kerjasama yang kami dilakukan itu tentunya diharapkan dapat mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsinya," terangnya. 

Selain itu, Mursalin mengungkap jika kerjasama ini dilakukan sebagaimana implementasi dari MoU antara Bupati Mesuji dengan Kajari Mesuji yang dilakukan ad Desember 2022 lalu. 

BACA JUGA:3 Proyek Strategis Dinas Pendidikan Mesuji Dipantau Kejaksaan

Kategori :