Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Lampung Utara Gelar Tanam Pohon Serentak

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Lampung Utara Gelar Tanam Pohon Serentak

Tanam pohon peringati hari lingkungan hidup sedunia di Lampung Utara-Dokumentasi -

LAMPUNG UTARA, RADARTUBA.CO.ID - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dinas Lingkungan Hidup dan Forkopimda serta PWI LAMPUNG UTARA (Lampura), gelar kegiatan Tanam Pohon dan Gerakan Memungut Sampah. 

Kegiatan menanam pohon dipusatkan di Jalan KS Tubun Kelurahan Kota Alam Kecamatan Kotabumi Selatan kabupaten setempat, Kamis  Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan, Plh Penjabat Bupati, Lekok, Forkopimda setempat kapala OPD, Camat, Lurah dan Ketua PWI Lampura

Kepala DLH Lampura, Ina Sulistia mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: S.114/MENLHK/SETJEN/SET.1/5/2024 tanggal 27 Mei 2024 perihal Penyampaian Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024. 

BACA JUGA:PMI Asal Lampung Utara Dipulangkan, Diduga Alami Gangguan Jiwa

Selain itu, kegiatan ini juga berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Nomor: 600.4.1/2339/V.10/2024 tanggal 31 Mei 2024 tentang Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan Surat Plh. Pj. Bupati Lampung Utara Nomor: 600.4/707/15.1-LU/2024 tanggal 31 Mei 2024 perihal Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, dengan mengusung tema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan," kata Ina.

Kegiatan ini jelas Ina, difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

BACA JUGA:Motor Tak Didapat, Pelaku Curanmor di Lampung Utara Babak Belur Diamuk Warga

Menurutnya, hal ini penting karena dunia saat ini menghadapi tiga krisis yang semakin intens yaitu  krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

"Pemulihan dari degradasi lahan sangat penting. Lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian. Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen "terobosan besar" bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ina menjelaskan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Banyak Hutang, RSD Ryacudu Lampung Utara Ajukan Suntikan Dana Rp 2,5 Miliar

"Untuk menyukseskan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Lampura melaksanakan serangkaian aksi lingkungan berupa kegiatan Penanaman Pohon Serentak dan kegiatan Bersih-Bersih Serentak yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten Lampung Utara," terangnya.

Sumber: