Lanud BNY Tulang Bawang Lampung Akan Gelar Latihan Tempur Jalak Sakti 2024

Lanud BNY Tulang Bawang Lampung Akan Gelar Latihan Tempur Jalak Sakti 2024

Latihan tempur Jalal Sakti Tahun 2022 lalu di Lanud BNY-Dok. Penerangan Lanud BNY -

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Komando Operasi Udara I (Koopsud) akan menggelar latihan tempur di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Pangeran M Bun Yamin (BNY) di TULANG BAWANG, Lampung.

Latihan tempur tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juni 2024 di Air Weapon Range (AWR) dan Runway Lanud BNY

Kegiatan yang diberi nama Jalak Sakti dan Trisula Perkasa 2024 tersebut direncanakan akan menghadirkan ribuan prajurit TNI AU.

Komandan Lanud (Danlanud) BNY Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto mengatakan, latihan tempur tersebut bertujuan untuk menguji ketangkasan dan kemampuan para prajurit. 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Kunjungi Lanud BNY Tulang Bawang, Serahkan 110 Sertipikat Warga Lampung Utara

"Jadi profesional dan ketangguhan para prajurit TNI AU disini akan diuji," kata Letkol Yosi, Senin 3 Juni 2024.

Selain latihan antar satuan Jalak Sakti, Koopsud I juga akan melakukan latihan puncak Trisula Perkasa Komando Pasukan Gerak Cepat TNI AU.

Para prajurit yang terlibat nantinya akan diuji kemampuan dan ke profesionalannya dalam skenario pertempuran udara modern sesuai dengan doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa.

BACA JUGA:Danlanud BNY Nyatakan Perang Terhadap Narkoba, Minta Satuan Polisi Militer Tingkatkan Pengawasan

Berbagai Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) canggih dan terbaik TNI AU rencananya akan dilibatkan dalam latihan tempur ini. 

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono beserta unsur pimpinan Koopsud I dijadwalkan akan hadir dalam latihan tempur ini.

Sebelumnya diberitakan, pada Senin 29 Agustus 2022 lalu para prajurit TNI AU dari Koopsud I juga melaksanakan latihan tempur di Lanud BNY.

BACA JUGA:Instruktur Penerbang Skadron Udara 2 Latihan Taktik Angkut Militer Pesawat CN-295 di Lanud BNY Lampung

Sekitar 808 prajurit kala itu terlibat dalam operasi latihan tempur Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya yang dilaksanakan di Air Weapon Range (AWR) Lanud Pangeran M Bun Yamin (BNY) Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala.

Sumber: