Stok Hewan Ternak Siap Potong di Tulang Bawang Aman, Paling Banyak di Banjar Margo, Segini Jumlahnya

Stok Hewan Ternak Siap Potong di Tulang Bawang Aman, Paling Banyak di Banjar Margo, Segini Jumlahnya

Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang-Dok. Dinas Pertanian Tulang Bawang-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memastikan stok hewan ternak siap potong aman jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024, Selasa 2 April 2024.

Seluruh stok hewan ternak itu cukup memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat Sai Bumi Nengah Nyappur.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang Nasib Subagio mengungkapkan, adapun jumlah ketersediaan stok hewan tersebut antara lain sapi sebanyak 209 ekor dengan jumlah siap potong 105 ekor.

Terdapat juga hewan kambing dengan ketersediaan banyak 970 ekor, dengan angka siap potong sebanyak 485 ekor. Serta hewan kerbau siap potong sebanyak 105 ekor.

BACA JUGA:ASN dan Honorer Tulang Bawang Terima THR, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemerintah Daerah

"Jumlah ketersediaan hewan ternak itu sudah terhitung sejak 1 April 2024 kemarin," jelas Nasib Subagio.

Menurutnya dari jumlah stok ketersediaan hewan ternak tersebut saat ini paling banyak berada di Kecamatan Banjar Margo.

"Paling banyak stok hewan ternak siap potong berada di Kecamatan Banjar Margo, dan melihat data diatas Insya Allah stok daging aman jelang Idul Fitri Tahun 2024, bahkan kita tidak perlu melakukan impor hewan ternak," tuturnya.

Selain itu ia menjelaskan sebelum masuk dalam stok ketersediaan, seluruh hewan ternak wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan agar nantinya layak dikonsumsi masyarakat.

BACA JUGA:30 Warga Tulang Bawang Terjangkit DBD, Begini Kata Dinas Kesehatan

"Setelah diperiksa Alhamdulillah seluruh hewan ternak yang ada saat ini aman dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit mulut dan kuku (PMK)," tegasnya.

Nasib juga berharap selain menyediakan stok aman di Tulang Bawang kedepannya Kabupaten Tulang Bawang bisa menyediakan sapi atau hewan ternak siap potong ke luar wilayah Kabupaten Tulang Bawang. (*)

Sumber: