Mesuji Terima IGA Award 2023, Jadi Kabupaten Paling Inovatif di Lampung

Mesuji Terima IGA Award 2023, Jadi Kabupaten Paling Inovatif di Lampung

Pemkab Mesuji terima penghargaan IGA Award-Prokompim Mesuji-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten MESUJI terima penganugerahan Innovative Government (IGA) Award tahun 2023. MESUJI dinilai sebagai kabupaten paling inovatif di Provinsi Lampung oleh Kemendagri, Selasa 12 Desember 2023. 

Penjabat Bupati (Pj.) Bupati Mesuji Sulpakar menerima langsung penganugerahan tersebut dari Mendagri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bantu Praja, Kemendagri. 

Sulpakar katakan jika Mesuji mengirimkan 110 inovasi dengan dua inovasi unggulan yakni Payo Beladas dan Pak Kur. 

Ini merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

BACA JUGA:Dekranasda Mesuji Gelar Pelatihan Kreasi Sulam Ulat dan Tapis, Ini Tujuannya

"Alhamdulilah, Mesuji ada di peringkat 13, sedangkan tahun 2022 lalu, Mesuji hanya ada di urutan 36. Dan hasil ini menjadikan Mesuji sebagai satu satunya kabupaten kota di Lampung yang terima penganugerahan IGA," jelas Sulpakar. 

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, pemerintah ingin terus mendorong dan memotivasi pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

"Dengan adanya anugerah ini, Mesuji berpotensi kembali menerima Dana Insentif Daerah (DID). Sebelumnya, Mesuji terima Penghargaan berupa insentif Rp17,8 Miliar sebagai apresiasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas kinerja pengoptimalan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 ini. Semuanya demi Mesuji," lanjut dia. 

Disisi lain, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah adalah (Barenlitbangda) Mesuji, Abu Rosid jelaskan jika dalam rangka pelaksanaan tahapan presentasi kepala daerah dan penilaian validasi lapangan dalam penilaian dan pemberian Penghargaan Innovative Goverment Award 2023, tim dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengunjungi Kabupaten Mesuji (10/10) lalu. 

BACA JUGA:Optimis Dapat Insentif Innovative Goverment Award 2023, Begini Kata Pj Bupati Mesuji Sulpakar

"Sebelumnya, PJ Bupati telah melakukan Pemaparan dan Presentasi di Hadapan Tim Penilai di Kantor Kemendagri. Kemudian diikuti dengan tahapan validasi lapangan dalam rangka mengecek kesesuaian materi presentasi dengan pelaksanaan di lapangan yang dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 20 Oktober 2023 lalu," jelasnya. (*) 

Sumber: