Antisipasi Banjir, Koramil Simpang Pematang Mesuji Bersihkan Lingkungan

Antisipasi Banjir, Koramil Simpang Pematang Mesuji Bersihkan Lingkungan

Mengantisipasi terjadinya bencana banjir memasuki musim penghujan, jajaran Kodim 0426 Tulang Bawang melalui Koramil 426-01 Simpang Pematang gelar karya bakti lingkungan.-Penerangan Kodim 0426 Tulang Bawang-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Mengantisipasi terjadinya bencana banjir memasuki musim penghujan, jajaran Kodim 0426 Tulang Bawang melalui Koramil 426-01 Simpang Pematang gelar karya bakti lingkungan.

Sasaran karya bakti kali ini adalah lingkungan Pasar Simpang Pematang yang dipenuhi sampah. 

Komandan Koramil (Danramil) 426-01 Mayor Inf Sutoto katakan jika karya bakti melibatkan Polri, Pol PP dan masyarakat serta pelajar. 

"Kami gagas karya bakti sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana banjir memasuki musim penghujan ini," jelas Sutoto. 

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Keluarkan Surat Edaran Waspada Bencana, Berikut Isinya

Dalam kesempatan itu, TNI AD mengajak masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir dengan juga membersihkan di sekitar lingkungan rumah. 

"Apa yang kami lakukan hari ini adalah contoh nyata bagi masyarakat untuk juga dapat mereka lakukan di lingkungan rumah masing masing. Mari kita cegah banjir dengan membersihkan sampah yang ada, terutama yang berserakan di saluran air dan berpotensi menyumbat," lanjut Sutoto. 

Masih kata Danramil, jika ada beberapa wilayah di Kecamatan Simpang Pematang yang selalu terdampak banjir jika musim hujan datang. 

"Kami sudah petakan wilayah yang rawan bencana banjir, salah satunya pasar ini. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan contoh nyata bagi masyarakat dan membawa dampak yang baik. Kami pastikan aksi ini tidak berhenti sampai disini saja, namun akan terus berkelanjutan," tukasnya. 

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun, Harga Tomat di Mesuji Melambung Tinggi

Disisi lain, Iwan warga Kecamatan Simpang Pematang, meminta kepada pemerintah Mesuji untuk dapat menormalisasi beberapa sungai yang ada. 

Karena, selain mengalami pendangkalan, banyak Sungai di Simpang Pematang yang alami penyempitan.

"Ada beberapa aliran sungai yang dangkal dan menyempit. Tentu jika musim penghujan menyebabkan banjir karena air meluap. Kami berharap pemerintah daerah dapat prioritaskan itu," tuturnya. 

Sebelumnya Pemkab Mesuji juga sudah keluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : PB.00/7905/V.05/MSJ/2023 tentang Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten Mesuji. 

Sumber: