Pemkab Mesuji Keluarkan Surat Edaran Waspada Bencana, Berikut Isinya

Pemkab Mesuji Keluarkan Surat Edaran Waspada Bencana, Berikut Isinya

Mesuji-Wikipedia-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MESUJI keluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : PB.00/7905/V.05/MSJ/2023 tentang Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten MESUJI

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Mesuji Maulana mengatakan jika menjelang akhir tahun ini akan ada curah hujan yang intensitasnya semakin tinggi. 

"Hal itu berdasarkan surat BMKG Stasiun Kimatologi Lampung Nomor: KL.00.02/002/KPWR/XI/2023 perihal surat keterangan informasi iklim," ujarnya, Minggu 3 Desember 2023.

Menurut Maulana berdasarkan analisis prakiraan hujan menunjukkan secara umum curah hujan wilayah provinsi Lampung pada November 2023 diperkirakan berada pada kriteria rendah hingga menengah. 

BACA JUGA:RSUD Mesuji Tidak Siapkan Ruangan Khusus Untuk Caleg Stres Akibat Gagal Terpilih, Begini Alasannya

Intensitas itu semakin tinggi pada Desember 2023 sampai dengan Januari 2024 berada di kriteria menengah hingga tinggi. 

"Sekali lagi saya jelaskan berdasarkan data itu menunjukkan adanya peningkatan curah hujan di Kabupaten Mesuji yang berpotensi mengakibatkan bencana banjir dan cuaca ekstrem," jelasnya. 

Sebagai bentuk langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana tersebut maka diperlukan langkah sebagai berikut. 

Pertama kepada Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk dapat menyebarluaskan informasi kewaspadaan terhadap bencana banjir dan cuaca ekstrem kepada masyarakat di wilayahnya.

BACA JUGA:Catat, Ini Waktu Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 di Mesuji Lampung

Kedua Camat dan Kades mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak membuang sampah sembarangan khusus di sekolahan got saluran air atau sungai. 

"Sehingga diharapkan tidak menimbulkan terjadi penyumbatan," ucapnya. 

Selanjutnya dapat membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing. 

Serta memangkas pepohonan besar di sekitar pekarangan rumah. 

Sumber: