Pemkab Tulang Bawang Barat Bagikan Beras untuk 20.410 KPM, Masing-Masing Dapat 10 Kg

Pemkab Tulang Bawang Barat Bagikan Beras untuk 20.410 KPM, Masing-Masing Dapat 10 Kg

Pj Bupati Tulang Bawang Barat M. Firsada melihat kondisi beras-Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat-

TULANG BAWANG BARAT, RADARTUBA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, membagikan beras sebanyak 10 kg kepada 21 ribu kelompok penerima manfaat (KPM) di sembilan kecamatan. Pembagian beras tersebut dilakukan untuk menekan dampak El Nino, yang saat ini melanda berbagai daerah di Indonesia. 

Pemberian bantuan tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat di sembilan kecamatan sesuai dengan data yang ada pada Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Tubaba. 

Didampingi Dandim 0412/Lampung Utara, Penjabat (Pj) Bupati Tubaba M. Firsada melakukan pengecekan sekaligus melepas keberangkatan distribusi beras cadangan pangan ke seluruh kecamatan di dari depan Gedung Bulog Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). 

Pj Bupati Firsada mengatakan, penerima bantuan berdasarkan data BNBA (by name by addres) dari Kementrian Sosial dengan jumlah 20.410 keluarga penerima manfaat. 

BACA JUGA:Pj Bupati Tulang Bawang Barat Firsada Hadiri Peringatan Hari Kontrasepsi, Begini Pesannya

"Masing-masing KPM mendapatkan beras sebanyak 10 Kg, sehingga total kuantum yang disalurkan sebanyak 204.100 Kg,"kata Firsada.

Dia juga menjelaskan, penyaluran dilaksanakan dalam 3 periode yaitu di bulan September, Oktober dan November.

"Beras yang digunakan adalah beras CBP (cadangan beras pemerintah) yang berada di Gudang Bulog dengan kualitas medium dalam kemasan 10 Kg,"terangnya.

BACA JUGA:Antisipasi Peredaran Miras dan Narkoba, Polres Tulang Bawang Barat Razia Tempat Hiburan Malam

Sementara itu, saat dikonfirmasi di lokasi, Pimpinan Perum Bulog KCP Tubaba, Akhmad  Fahmi Yasin mengatakan, penyaluran dilaksanakan Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu yang membawahi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Tulang Bawang, Tubaba dan Mesuji.

Perum Bulog di 3 kabupaten tersebut, mempunyai dua kompleks pergudangan yaitu Gudang Pagar Dewa dan Gudang Wonosari.

"Ketahan stock yg dikuasai Bulog KCP Menggala adalah sebanyak 2.500 Ton dan akan ada penambahan lagi kurang lebih 1.000 Ton sehingga stock beras pemerintah aman sampai akhir tahun,"ungkapnya.

BACA JUGA:Diduga Korupsi, Kejari Tubaba Tahan Kepala Dinas PPKB, Segini Potensi Kerugian Negara

Dia menegaskan, Bulog bertanggungjawab dalam penyediaan stock beras untuk bantuan pangan sesuai kuantitas dan kualitas yang ditentukan Badan Pangan Nasional.

Sumber: