Waspada, 3.189 Warga Mesuji Terjangkit ISPA, Antisipasi Dengan Lakukan Hal Penting Ini

Waspada, 3.189 Warga Mesuji Terjangkit ISPA, Antisipasi Dengan Lakukan Hal Penting Ini

Pegawai Puskesmas di Mesuji membagikan masker gratis untuk cegah ISPA-Dokumentasi -

Selain itu lanjut Wita, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mengkomsumsi makanan bergizi secara seimbang.

Upaya lainnya istirahat dengan waktu yang cukup, dan berolahraga secara teratur.

BACA JUGA:Masuki Kemarau, Warga Mesuji Mulai Kesulitan Air Bersih, Anak-Anak Banyak Terkena Penyakit

Wita mengimbau, masyarakat agar lebih meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi diri sendiri dan lingkungan. 

Sementara, untuk mencegah penyakit ISPA di Mesuji Puskesmas Sidomulyo membagikan masker secara gratis ke warga yang melintasi jalan utama di Kecamatan Mesuji.

Kepala Unit Puskesmas Sidomulyo, Dianawati mengatakan, kegiatan pembagian masker dilakukan untuk mencegah penyakit Diare dan infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang di akibatkan dampak El Nino.

BACA JUGA:Masuki Musim Kemarau, Petani Padi Mesuji Kesulitan Air, Terancam Gagal Panen

"Kami dari pihak puskesmas menghimbau kepada masyarakat setempat agar selalu mengunakan masker dalam setiap aktifitas sehari-hari, guna mencegah penyakit yang di sebabkan polusi debu yang berterbangan di saat musim kemarau," ucap Dianawati

Hal serupa juga dilakukan oleh Puskesmas Tanjung Mas Makmur berikut jajaran juga membagikan masker di seputaran pasar KTM, Kecamatan Mesuji Timur.

Kepala Puskesmas Tanjung Mas Makmur Yudian Murbantaka mengatakan, sebagai langkah menghadapi dampak cuaca ekstrem El Nino, Pemerintah Kabupaten Mesuji melakukan upaya pencegahan dan mengantisipasi timbulnya penyakit dengan melaksanakan pembagian masker.

BACA JUGA:164 Hektar Sawah Mesuji Terancam Gagal Panen, Begini Kata Dinas Pertanian

"Kegiatan yang dilakukan ini berdasarkan Surat Edaran Bupati Mesuji Nomor PB.00/5152/V.05/MSJ/2023/Tanggal 02 Agustus 2023 tentang himbauan terhadap kesiapsiagaan menghadapi dampak El Nino. Semoga kegiatan ini selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Mesuji," terangnya. (*) 

Sumber: