Masuki Kemarau, Warga Mesuji Mulai Kesulitan Air Bersih, Anak-Anak Banyak Terkena Penyakit

Masuki Kemarau, Warga Mesuji Mulai Kesulitan Air Bersih, Anak-Anak Banyak Terkena Penyakit

Petugas melihat kondisi persawahan yang mulai mengering-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Guna mengantisipasi dampak buruk akibat fenomena iklim yang membuat penurunan curah hujan akibat el nino

Pemkab Mesuji turun langsung ke beberapa desa. Salah satunya yaitu Desa Pangkal Mas Mulya, Kecamatan Mesuji Timur.

Hal ini dilakukan guna mengecek lahan pertanian dan permukiman warga.

Kepala BPBD Mesuji Sunardi, didampingi Camat Mesuji Timur Belly Oscar, Kepala Puskesmas Tanjung Mas Makmur Yudian, dan Kepala Desa Pangkal Mas Mulya Sujiman, turun langsung kelapangan mengecek dan mendata apa saja yang menjadi keluhan warga akibat terdampak fenomena iklim yang membuat penurunan curah hujan tersebut.

BACA JUGA:Kemarau, Warga Mesuji Mulai Kesulitan Air Bersih

Sujiman Kepala Desa Pangkal Mas Mulya mengatakan, untuk lahan pertanian di desanya masih aman dikarenakan sawah di desanya sudah memasuki pasca panen raya.

Kemungkinan dalam pertengahan bulan kedepan belum ada kiriman hujan ini akan berdampak pada tanaman palawija yang ada di desa seperti cabai dan sebagainya.

Menurutnya sementara ini yang jadi keluhan warga yaitu mulai berkurangnya stok air bersih dan masalah kesehatan seperti batuk pilek yang di alami anak-anak terutama para pelajar yang disebabkan oleh debu akibat cuaca kemarau ini.

BACA JUGA:Bebas, Ratusan Warga Sambut Mantan Bupati Mesuji

Camat Mesuji Timur Belly mengatakan, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan setempat untuk mengatasi masalah debu di jalan.

"Kami sudah menghubungi perusahaan untuk meminjam kendaraan tangki penyiram lahan untuk menyiram jalan agar dapat mengurangi debu di jalan yang menyebabkan penyakit Ispa (infeksi saluran pernafasan) yang di alami masyarakat saat ini," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Mesuji Sunardi mengatakan pemerintah daerah siap membantu masyarakat dalam menyediakan stok air bersih.

BACA JUGA:Masuki Musim Kemarau, Petani Padi Mesuji Kesulitan Air, Terancam Gagal Panen

"Kita sudah turun langsung kelapangan untuk mengecek situasi dan kondisi masyarakat. Untuk masalah kelangkaan air bersih kami dari pihak pemerintah daerah Mesuji akan memberikan suplai air bersih untuk masyarakat di wilayah terdampak kekeringan," ungkapnya.

Sumber: