Cegah Ispa, Pemkab Mesuji Lampung Lakukan Tindakan Ini

Cegah Ispa, Pemkab Mesuji Lampung Lakukan Tindakan Ini

Tim Damkartan Mesuji menyiramkan air ke debu tanah-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dampak kemarau dan cuaca ekstrim akibat fenomena El Nino, Pemkab MESUJI membentuk tim penanganan dampak El Nino dengan melakukan penyiraman jalan yang berdebu.

Selain itu, Pemkab Mesuji juga membagikan masker untuk mencegah masyarakat yang beraktifitas terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Mesuji nomor : PB.00/5252/V.05/MSJ/2023 tanggal 02 Agustus 2023, tentang himbauan terhadap kesiapsiagaan menghadapi dampak El Nino. 

Pemkab Mesuji membentuk tim yang terdiri dari BPBD, Damkartan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, PWI Mesuji, Camat Mesuji Timur, Puskesmas Tanjung Mas Makmur, dan Puskesmas Margo Jadi.

BACA JUGA:Masuki Kemarau, Warga Mesuji Mulai Kesulitan Air Bersih, Anak-Anak Banyak Terkena Penyakit

Tim tersebut melakukan penyiraman ruas jalan serta membagikan masker kepada pengguna jalan, untuk mencegah dampak El Nino dari sisi kesehatan yakni penyakit ISPA, serta menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan karena bisa menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan, Kamis 31 Agustus 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji Sunardi Nyerupa mengatakan, antisipasi sejak dini penanggulangan penyakit Ispa dampak dari cuaca El Nino dengan membagikan masker kepada para pengguna jalan dan penyiraman ruas jalan bersama Damkartan.

"Sasarannya, masyarakat pengguna jalan, anak-anak sekolah, dan pejalan kaki, kita bagikan masker untuk menghindari debu. Rencananya, kegiatan ini akan berlanjut sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan," jelas Sunardi.

BACA JUGA:7 Kecamatan di Mesuji Jadi Sasaran Bantuan Sosial, Berikut Kriteria Penerimanya

Ditempat yang sama, Sekertaris Damkartan Mesuji Feri Antoni, mengatakan jika pihaknya melakukan penyiraman ruas jalan poros kabupaten yang berdebu.

"Hari ini kegiatan kita melakukan penyiraman ruas jalan poros ruas Desa Brabasan hingga ke kompleks Pemda di Desa Wiralaga Mulya. Selain itu ruas jalan Simpang Segi Tiga Emas, hingga Desa Eka Mulya dan terus sampai ke  Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Mesuji Timur," kata Feri.

Camat Mesuji Timur M Belly Oscar menambahkan, dalam rangka penanganan antisipasi penyakit Ispa, langsung meminta bantuan kepada pihak perusahaan yang ada di wilayahnya yakni  PT. Bangun Tata Lampung Asri (BTLA), untuk melakukan penyiraman jalan yang berdebu.

BACA JUGA:Bebas Dari Penjara, Mantan Bupati Mesuji Khamami Ingin Fokus Ini

"Menindaklanjuti instruksi pimpinan, kami segera meminta bantuan kepada pihak perusahaan untuk melakukan penyiraman jalan berdebu. (*)

Sumber: