Kisah Ratu Banjar, Pulau Unik yang Ada di Bendungan Way Sekampung Pringsewu Lampung

Kisah Ratu Banjar, Pulau Unik yang Ada di Bendungan Way Sekampung Pringsewu Lampung

Presiden Joko Widodo bersama jajaran meresmikan Bendungan Way Sekampung di Pringsewu Lampung-Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden-

Yakni Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Banjarejo, Kecamatan Banyumas. 

Seperti di ketahui Bendungan way Sekampung  di mulai pembangunannya sejak 2016 dan diresmikan presiden Joko Widodo 2 September 2021

dengan biaya Rp 1,78 triliun dengan luas genangan hingga 800 hektare tersebut bentuknya lebih pada mengikuti alur sungai yang ada.

BACA JUGA:Daftar 4 Sungai Terpanjang di Lampung, Ada yang Sampai 265 Kilometer

Pembangunan Bendungan Way Sekampung dimulai pada tahun 2016 dan konstruksinya selesai pada 2020 pengerjaannya melibatkan sejumlah BUMN.

Yakni  PT Pembangunan Perumahan, PT Waskita Karya, PT Adhi Karya, dan PT Ashfri. Bendungan tersebut di klaim multifungsi.

Dimana juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan hingga 2.482 liter/detik.

Dengan dibangunnya bendungan Way Sekampung: meningkatkan pemanfaatan debit Way Sekampung, meningkatkan fungsi waduk Batutegi serta adanya bendung Argoguruh, Bendungan Marga III dan Bendung Gerak Jabung (on going) dapat melayani kebutuhan air sampai ke hilir.

BACA JUGA:Deretan Alumni Unila yang Sukses Jadi Kepala Daerah dan Pejabat Publik

Kemudian tenaga listrik sebesar 5,4 megawatt, serta menjadi objek wisata di Kabupaten Pringsewu.

Selanjutnya bendungan ini juga dapat dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi seluas 72.707 hektare dengan rincian 55.373 hektare untuk daerah irigasi (DI) Sekampung, dan 17.334 hektare untuk (DI) Rumbia Extension. (*) 

Sumber: