Innalillahi, 37 Warga Mesuji Positif HIV

Innalillahi, 37 Warga Mesuji Positif HIV

Mesuji-Wikipedia-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Sebanyak 37 orang di Kabupaten MESUJI terkonfirmasi positif mengidap penyakit HIV/AIDS.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Mesuji Suyono pada radarlampung.co.id Minggu 21 Mei 2023.

Jumlah tersebut, ungkap Sunyono hanya penderita HIV/AIDS yang terdeteksi dan masih hidup jumlah tersebut juga di himpun dari Tahun 2016 hingga 2023.

BACA JUGA: Modus Buka Aura, Guru Ngaji Cabuli Santrinya, Polisi Temukan BB 3 Keris Kecil

Menurutnya Yono sapaan akrabnya data penderita HIV/AIDS tersebut tersebar di Kecamatan Kecamatan yang ada di Mesuji dengan rincian.

Untuk Kecamatan Mesuji nihil penderita, Panca Jaya ada 4 orang, Simpang Pematang 15, Mesuji Timur 5, Tanjung Raya 5, Way Serdang 3 dan Rawajitu Utara 5.

Dari tujuh Kecamatan yang paling banyak ditemukan yakni di Kecamatan Simpang Pematang dengan jumlah 15 orang.

BACA JUGA: Pemerintah Buka Akses Jalan Baru ke Mesuji Timur, Ini Calon Rutenya

Dia menerangkan ada beberapa cara virus HIV dapat menular diantaranya dengan Hubungan tanpa Alat Pengaman (Kondom).

Sebab virus HIV mudah menular ketika seseorang dengan latar belakang terkena virus HIV melakukan hubungan suami istri dengan pasangannya tanpa menggunakan alat pengaman berupa kondom. 

Kemudian berbagi alat suntik dengan orang yang positif Mengidap HIV, serta ibu hamil positif HIV kepada bayinya, dan melalui transfusi darah.

BACA JUGA: Desa Kejadian Mesuji Kerjasama Pemanfaatan NIK, Simak Kegunaannya

Untuk menangani hal ini, selain melakukan sosialisasi, Dinkes telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan jumlah orang yang dites (skrining) 

Meskipun demikian dirinya mengimbau kepada masyarakat tidak perlu takut jika sedang bermasyarakat dengan penderita HIV/AIDS.

Sumber: