Profil Agus Fathoni, Pejabat Kemendagri Calon Kuat Pj Gubernur Lampung

Profil Agus Fathoni, Pejabat Kemendagri Calon Kuat Pj Gubernur Lampung

Agus Fathoni-Dokumentasi Kemendagri-

Sebelum menjabat Sekjen DPD RI, Rahman Hadi menjabat sebagai pimpinan biro umum Setjen DPD RI. 

Selanjutnya ada nama Sahli Kemenpora Bidang Hukum Samsudin. Lulusan Universitas Lampung ini juga digadang gadang diusulkan mennjadi Pj. Gubernur Lampung. 

Kemudian ada penglima perang pemprov atau ASN dengan kasta tertinggi, yakni Fahrizal Darminto. 

Fahrizal kini menjabat sebagai Sekdaprov Lampung. Berbagai jabatan strategis dari era Guubernur Lampung Sjachroedin Z.P juga pernah diembannya.

BACA JUGA:Miris, Pakai Sistem Zonasi SD Negeri Lampung Tengah Cuma Dapat 3 Siswa, DPRD Segera Panggil Dinas Pendidikan

Diantaranya Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). 

Tidak hanya ASN saja yang berpeluang, tapi juga bisa dari kalangan TNI Polri. 

Anggota kepolisian dan prajurit TNI dapat menjadi penjabat kepala daerah sepanjang menduduki jabatan tinggi madya atau jabatan tinggi pratama dan sudah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian atau jabatan tinggi pratama dan sudah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian atau TNI.

Beberapa nama yang berpeluang menjadi Pj. Gubernur Lampung dari kalangan TNI-Polri diantaranya adalah Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Tomsi Tohir Balaw seorang perwira tinggi Polri yang sejak 29 Juni 2022 mengemban amanat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA:Sales Penagihan di Tulang Bawang Lampung Gelapkan Uang Perusahaan Senilai Rp 27,8 Juta

Tomsi merupakan putra daerah Lampung dan pada riwayat jabatannya, jenderal bintang tiga ini pernah menjabat sebagai Kapolda Banten pada tahun 2018. Berbagai jabatan strategis lainnya pun pernah diembannya, seperti Kapolda Nusa Tenggara Barat pada tahun 2019, dan Dirreskrimsus Polda Sumsel pada 2016.

Nama selanjutnya yang berpeluang adalah Irjen. Pol. Rudi Setiawan Staf Ahli Sosial Politik Kapolri. 

Irjen Pol Rudy pernah menjabat sebagai Wakpolda Lampung dan Wakapolda Sumatera Selatan pada 2019, dan Direskrimsus Polda Lampung pada 2017. 

Namun, nama-nama ini belum dapat dipastikan sebab, beberapa waktu lalu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan mengatakan belum mengirimkan surat ke DPRD Lampung terkait usulan Pj. Gubernur. 

Namun, ketentuan usulannya berasal dari DPRD Lampung dan kementerian melalui Kemendagri. Yang diusulkan adalah Pejabat Eselon I, baik di tingkat pusat maupun daerah.  

Sumber: