Gara-gara Ini, Mendag Zulkifli Hasan Kirim Sinyal Harga Bahan Pangan Akan Melonjak

Gara-gara Ini, Mendag Zulkifli Hasan Kirim Sinyal Harga Bahan Pangan Akan Melonjak

Mendag Zulkifli Hasan saat meresmikan Pabrik TOME Coffe -Yusuf AS-

TULANG BAWANG BARAT, RADARTUBA.CO.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan, menyampaikan peringatan kepada masyarakat bahwa kemungkinan besar harga bahan-bahan pangan secara Nasional akan melonjak. Itu disebabkan cuaca dunia yang saat ini sedang tidak baik. 

Salah satunya disebabkan oleh El Nino yang kini melanda di beberapa negara termasuk Indonesia.

Karenanya Indonesia kemungkinan besar akan mengalami kekeringan, sehingga berdampak pada tingginya harga kebutuhan bahan pokok.

BACA JUGA: Selamat! Tubaba Raih 2 Penghargaan Ini dari Pemprov Lampung

Himbauan ini disampaikan oleh Zulkifli Hasan saat meresmikan Pabrik TOME Coffe dan peletakan batu pertama lantai 2 masjid di SMK Muhammadiyah, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, Kamis 18 Mei 2023.

Dampak dari cuaca panas tersebut telah banyak menelan korban jiwa, diantaranya di negara Tiongkok serta negara-negara lain di wilayah benua Asia.  

Cuaca panas tersebut dipastikan sangat mempengaruhi produksi bidang pertanian khususnya pangan. "Tentu ini akan berdampak pada tingginya harga kebutuhan tersebut," ungkap mantan Ketua MPR RI ini. 

BACA JUGA: Tembus 6 Besar, SMKN 1 Pulung Kencana Diharapkan Raih Juara

Karenanya Putra Lampung ini meminta agar masyarakat dapat  bersiap-siap, sehingga tidak kaget atas melonjaknya harga -harga di pasaran.

Saat ini lanjut Zulkifli, yang telah dirasakan adalah harga bawang putih, bahkan di Negara Tiongkok saja telah mengalami kenaikan 2 kali lipat.

BACA JUGA: Daftar Menteri Jokowi yang Tersandung Korupsi, dari Kasus Bansos, Lobster, Hingga Tower BTS

Namun sayangnya Zulkifli Hasan baru sebatas menyampaikan imbauan belum memberikan solusi terkait dengan upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saat puluhan awak media menanyakan tentang solusi dan antisipasi dari pemerintah, Zulkifli Hasan tidak memberikan jawaban dan berlalu menuju ke pintu keluar acara. (*) 

Sumber: