Kecamatan Tanjung Raya Mesuji Luncurkan Inovasi Sidede, Ini Fungsinya

Kecamatan Tanjung Raya Mesuji Luncurkan Inovasi Sidede, Ini Fungsinya

Rapat koordinasi persiapan peluncuran Sidede-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten MESUJI luncurkan inovasi Digitalisasi Database Desa (Sidede) untuk optimalkan penyimpanan dan pencarian arsip.

Camat Tanjung Raya Ali Batun menyampaikan, hadirnya inovasi Sidede ini sebagai langkah digitalisasi dalam program pemerintah yang berfungi untuk efisiensi dan optimalisasi. 

"Efisiensi dan optimalisasi dalam banyak hal antara lain efisiensi dan optimalisasi tempat penyimpanan, kualitas arsip dan pencarian arsip," ujarnya. 

Selain itu dia menyampaikan digitalisasi ini akan sangat diperlukan dalam menjalankan kegiatan pemerintahan dengan mengarsipkan data dokumen kertas kedalam sistem digital. 

BACA JUGA:BPKAD Mesuji Buat Terobosan Baru, Kenalkan Aplikasi Saku

Sehingga dapat dengan mudah mempersiapkan dan mengakses data ketika diperlukan. 

Selain itu, digitalisasi juga dapat menghemat waktu untuk mencari dan memperbaharui data. Sehingga dapat mempercepat proses penyajian data atau informasi yang dibutuhkan. 

"Dengan adanya digitalisasi juga akan menghemat biaya dan tempat penyimpanan fisik dokumen data atau berkas, dikerenakan pengurangan penggunaan kertas dalam proses pengolahan data," paparnya. 

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan dan Arsip Mesuji Kenalkan Aplikasi Srikandi, Apa Itu?

Dijelaskannya, sistem pengolahan arsip pada Kecamatan Tanjung Raya secara umum masih menggunakan sistem manual dengan penyimpanan berkas dan data secara fisik yang menimbulkan beberapa kendala. 

Seperti kondisi dan keadaan dokumen arsip sering rusak, tempat penyimpanan arsip yang tidak terlalu besar dan proses pencarian arsip memakan waktu yang lama. 

Belum lagi permasalahan lainya yang timbul akibat tidak adanya sistem yang terorganisasi dengan baik. 

BACA JUGA:Mesuji Kembangkan Aplikasi Si Megapro, Apa Itu?

"Dengan hadirnya inovasi Sidede yang berbasis digital ini tentunya diharapkan dapat mengatasi persoalan yang ada, khusus permasalahan di bidang arsip," pungkasnya. (*)

Sumber: