Kunjungi Tulang Bawang, Gubernur Lampung Launching Program Kampung Baznas Sektor Peternakan

Kunjungi Tulang Bawang, Gubernur Lampung Launching Program Kampung Baznas Sektor Peternakan

Gubernur Lampung launching program desa baznas sektor peternakan di Tulang Bawang-Rachmad Al Amin-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Launching Program Desa Baznas sektor peternakan.

Kegiatan tersebut digelar digedung Apdesi, kampung cakat raya, kecamatan Menggala Timur, Kamis 30 Mei 2024.

Dalam Launching program desa Baznas sektor peternakan tersebut membagi sebanyak 155 ekor kambing yang dibagikan kepada 5 kelompok yang terbagi untuk 5 dusun.

Kelima dusun penerima tersebut yaitu dusun kemala kelompok 1, dusun kemala kelompok 2, dusun marga jaya kelompok 3, dusun marga sakti kelompok 4, dusun marga sakti kelompok 5.

BACA JUGA:Pj Bupati Qudrotul Ikhwan Ajak Masyarakat Berikan Hak Pilihnya pada Pilkada Tulang Bawang

Program itu merupakan upaya menciptakan pemberdayaan yang holistik, program zakat produktif yang digagas oleh Gubernur Lampung juga mencakup berbagai aspek lainnya selain sektor peternakan. 

Program ini mencakup inisiatif seperti renovasi masjid untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap tempat ibadah yang layak, memberikan insentif kepada guru mengaji untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan agama di tingkat lokal, serta memberikan bantuan kepada UMKM dan pelaku usaha kecil untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.

Dengan pendekatan yang komprehensif ini, diharapkan program zakat produktif dapat menjadi landasan bagi terbentuknya suatu ekosistem desa yang tangguh dan mandiri untuk mengurangi tingkat kemiskinan secara bertahap dan meningkatkan ketahanan pangan di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Ngeri, Ular Piton Sepanjang 4 Meter Makan 2 Ayam Warga Tulang Bawang dan Masuk Rumah

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, program desa Baznas merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

"Melalui program desa baznas, nantinya zakat yang dikelola oleh Baznas akan disalurkan dalam bentuk bantuan produktif kepada masyarakat yang membutuhkan, salah satunya dengan memberikan bantuan ternak kambing," ucapnya.

Arinal berharap, Kabupaten Tulang Bawang bisa menjadi salah satu lokasi percontohan desa Baznas baik, program ini juga akan dilakukan secara bertahap diterapkan di Kabupaten/Kota lainnya.

BACA JUGA:Puluhan Pejabat Tulang Bawang Dilantik Pj Bupati Qudrotul Ikhwan, Ini Daftarnya

"Setelah dua tahun, anak kambing yang dihasilkan diharapkan dapat diinfakkan kepada mustahik lain di sekitar lokasi. Sehingga diharapkan dapat membantu pengentasan kemiskinan secara masif dan meningkatkan populasi ternak kambing di Lampung," tuturnya.

Sumber: