Pejabat dan ASN Tulang Bawang Gelisah, Gaji 13 dan TPP Tak Kunjung Cair, Bingung Bayar Sekolah Anak

Pejabat dan ASN Tulang Bawang Gelisah, Gaji 13 dan TPP Tak Kunjung Cair, Bingung Bayar Sekolah Anak

Ilustrasi uang-Pixabay-

Mengingat dalam minggu ini dirinya hendak menutupi biaya sekolah anaknya yang memasuki tahun ajaran baru dan memasuki masa kuliah.

"Gaji 13 kan kebijakan dari pemerintah pusat, semestinya dapat dicairkan sesuai waktu tetapi sampai dengan minggu pertama bulan Juli belum juga dicairkan," keluhnya sembari mewanti-wanti namanya jangan disebutkan.

BACA JUGA: Melihat Komplek Wisata Sejarah di Tulang Bawang, Tawarkan Keindahan Replika Candi Prambanan

Selain itu, dirinya juga mempertanyakan apakah saat ini Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang tengah mengalami krisis keuangan yang cukup parah.

"Saya berharap isu-isu yang berkembang saat ini tidak benar, yang mengatakan bahwa adanya komponen dari gaji ke 13 sedang digunakan untuk menambal defisit daerah," ucapnya kesal.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rustam Effendi mengatakan, saat ini Kabupaten Tulang Bawang tengah beradaptasi dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 212 tahun 2022.

BACA JUGA: Polres Tulang Bawang Jaga Ketat Objek Keramaian, Ada Apa?

"Adanya PMK nomor 212 tahun 2022 membuat pemerintah Kabupaten Tulang Bawang menata ulang kebijakan belanja yang mana sebelumnya sudah diketok palu saat Paripurna. Jadi tidak benar bila ada isu yang mengatakan adanya komponen dari gaji ke 13 dipakai untuk menutupi devisit anggaran, " terangnya.

"Bagaimana mau membayarkan gaji 13 dan TPP bulan Mei dan Juni bila dana alokasi umum (DAU) sudah ada peruntukannya," ungkap Rustam saat ditemui Radartuba.co.id diruang kerjanya, Senin 3 Juli 2023. (*) 

Sumber: