Disdukcapil Mesuji Kerjasama dengan 3 OPD Lain, Ini Fokusnya

Disdukcapil Mesuji Kerjasama dengan 3 OPD Lain, Ini Fokusnya

Penandatanganan kerjasama-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten MESUJI lakukan perjanjian kerjasama dengan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji Mursalin, Selasa 24 Oktober 2023. 

"Terbarunya kami telah melakukan perjanjian kerjasama dengan tiga dinas yang ada di Pemkab Mesuji," ujarnya. 

Mursalin mengatakan tiga OPD tersebut meliputi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Mesuji. 

BACA JUGA:Disdukcapil Jalin Kerjasama dengan Kejari Mesuji, Ini Fokusnya

Kemudian Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD) serta Satpol PP Mesuji. 

Dikatakannya perjanjian kerjasama sama itu dimaksudkan untuk pemanfaatan data hak akses yang bakal diterima bagi OPD yang telah melakukan perjanjian kerjasama. 

Seperti halnya untuk Satpol PP sendiri pemanfaatan data hak akses sendiri digunakan untuk verifikasi dan validasi data pelayanan ketentraman serta ketertiban umum terhadap penegakan Perda. 

Selanjutnya untuk Dinas PMD sendiri digunakan untuk verifikasi dan validasi data pelayanan administrasi kependudukan desa. 

BACA JUGA:Kominfo Mesuji Jalin Kerjasama dengan Kejaksaan Negeri, Ini Fokusnya

Sedangkan untuk Dinas PPPA Mesuji digunakan untuk mencari data kependudukan korban kekerasan perempuan dan anak di Kabupaten Mesuji. 

Terpisah, Kepala Dinas PPPA Kabupaten Mesuji Sripuji menuturkan tujuan dilakukannya perjanjian kerjasama dengan Disdukcapil Mesuji untuk memberikan hak akses adminduk untuk keperluan data korban kekerasan perempuan dan anak. 

"Jadi pemanfaatannya Dinas kami bisa langsung mendapatkan data ke sistem administrasi kependudukan terkait keperluan data korban kekerasan perempuan dan anak," jelasnya. 

BACA JUGA:Pemkab - Kejari Mesuji Kerjasama Penerangan Hukum

Sumber: