Damkartan Mesuji Peragakan Penanganan Kebakaran yang Baik dan Benar di Banyak Puskesmas, Ternyata Begini..

Damkartan Mesuji Peragakan Penanganan Kebakaran yang Baik dan Benar di Banyak Puskesmas, Ternyata Begini..

Sosialisasi penanganan kebakaran Damkartan Mesuji-Dokumentasi Damkartan Mesuji-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Musim kemarau yang mulai terjadi di Kabupaten MESUJI dikhawatirkan dapat menjadi situasi rawan akan terjadinya kebakaran.

Untuk itu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Mesuji mengadakan sosialisasi pelatihan dan simulasi penanganan resiko kebakaran di Puskesmas Tanjung Mas Makmur, Kecamatan Mesuji Timur.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Damkartan Mesuji Sakroni mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sudah dilaksanakan di beberapa pusat kesehatan masyarakat seperti klinik, rumah sakit, dan perusahaan.

Diterangkannya, sejauh ini Damkartan telah mengadakan sosialisasi di beberapa puskesmas: Panggung Jaya, Sumber Makmur, Tanjung Mas Makmur, Klinik Bunda Dara Desa Gunung Tiga, PT Sinar Pematang Mulya, dan PT Garuda Perkasa.

BACA JUGA:5 Bulan 4 Kasus Kebakaran Terjadi, Simak Tips Cegah Korsleting Listrik Dari Damkartan Mesuji

Rencananya, hari ini 31 Agustus 2023 Damkartan akan mengadakan sosialisasi di Puskesmas Sungai Sidang.

Dalam kegiatan ini, Damkartan Mesuji memberikan pengenalan materi tentang bagaimana penanganan api kecil, api sedang dan prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Selain teori, peserta juga dibekali metode tradisional pemadaman kebakaran. Diharapkan nantinya jika ada potensi kebakaran, pegawai puskesmas mampu menangani sebelum petugas tiba dilokasi, tentunya tidak lupa untuk tetap tenang dan jangan panik," jelasnya.

BACA JUGA:Bebas Dari Penjara, Mantan Bupati Mesuji Khamami Ingin Fokus Ini

Sakroni juga menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila terjadi musibah kebakaran, agar segera menghubungi Pos siaga Damkar Mesuji, di nomor 0822-8209-2227. 

"Kami juga sudah bekerjasama dengan pihak perusahaan apa bila terjadi kebakaran di wilayahnya, untuk segera membantu memadamkan api dengan mobil tanki milik perusahaan," tukasnya.

Kepala Puskesmas Tanjung Mas Makmur Yudian menyambut baik kegiatan tersebut.

BACA JUGA:3 Proyek Strategis Dinas Pendidikan Mesuji Dipantau Kejaksaan

Sebab, selama ini banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi api bila terjadi musibah kebakaran. (*) 

Sumber: