Tingkatkan Minat Baca, Lampung Tengah Dirikan 1.000 Taman Baca

Rabu 26-07-2023,07:00 WIB
Reporter : Farid Adha
Editor : Muhammad Zainal Arifin

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lamteng Marwin Bastari menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung Program Inovasi Bunda Literasi Kabupaten Lampung Tengah.

Salah satunya yakni Gerakan Serentak Seribu TBM Berbasis Inklusi Sosial Budidaya Cacing (GERTAK SERTA BIS BUDI).

BACA JUGA:Tiga Kali Masuk Penjara, Ternyata Warga Tulang Bawang Ini Gak Kapok, Kembali Berulah dan Akhirnya..

Pembentukan TBM Berbasis Inklusi Budidaya Cacing ini dibentuk di setiap kampung, dan masing-masing kampung membentuk 3 TBM.

Sehingga terbentuk 1.000 TBM Berbasis Inklusi Cacing di Kabupaten Lampung Tengah.

"Gerakan ini bekerja sama dengan Forum Kelompok Wanita Tani (FKWT) Berjaya yang ada di Kabupaten Lampung Tengah," katanya.

Tujuan program ini adalah membangun dan meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga tercipta masyarakat Kabupaten Lampung Tengah yang cerdas, dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

BACA JUGA:Kisah Dyah Aristi Kusuma Putri, Mantan Model Majalah Dewasa dan Peraih Beasiswa di Amerika, Kini Hidup Susah..

Lalu menjadi wadah belajar bersama tentang budidaya cacing tanah dan pemanfaatannya serta meningkatkan pemberdayaan keluarga/masyarakat dan pendapatan tambahan melalui usaha budidaya cacing tanah.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan 6 cabang perlombaan. Yakni lomba stand TBM, lomba video dan foto budidaya cacing, lomba menggambar tingkat SD, lomba melukis tingkat SMP, dan lomba menulis essay bagi guru SMP.

Masih di tempat yang sama, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam sambutannya mengapresiasi langkah dan terobosan yang dilakukan oleh Bunda Literasi Kabupaten dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa yakni dengan mendirikan 1000 TBM. 

BACA JUGA:Buka Akses Jalan ke Talang Gunung, Pemkab Mesuji Izin KLHK Gunakan Register 45

"Mengingat, mencerdaskan anak bangsa ialah tugas dari pemerintah," katanya.

Selain didukung oleh kabupaten, Bupati meminta pihak kecamatan dan kampung harus mensupport dengan menjalankan program tersebut dengan baik.

"Sehingga generasi muda memiliki kecakapan hidup. Agar mampu bersaing dan bersanding untuk mencerdaskan, mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian keluarga," kata bupati.

Kegiatan juga dihadiri jajaran forkopimda, perwakilan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung, Ketua TP. PKK, pimpinan BUMD, Ketua GOW, camat, Bunda Literasi Kecamatan serta tamu undangan lainnya. (*) 

Kategori :

Terpopuler