Maksimalkan Alat Berat, Mesuji Genjot Perbaikan Jalan

Minggu 23-07-2023,12:00 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Pemkab Mesuji melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memaksimalkan alat berat dalam perbaikan ruas jalan Kabupaten yang kondisinya rusak akibat curah hujan tinggi beberapa pekan lalu.

Salah satu jalan yang dilakukan perbaikan yaitu jalan dari arah Desa Tanjung Mas Rejo, Kecamatan Mesuji Timur, menuju lima desa yang ada di Kecamatan Mesuji Timur.

Kelima desa tersebut yakni: Desa Tirtalaga, Desa Tanjung Serayan, Desa Mulya Sari, Desa Sumber Makmur dan Desa Suka Maju.

BACA JUGA:Buka Akses Jalan ke Talang Gunung, Pemkab Mesuji Izin KLHK Gunakan Register 45

Menurut Kepala Bidang Bina Marga dinas PUPR Endra Oktafandi, pihaknya terus memaksimalkan sejumlah alat berat milik Pemkab Mesuji untuk melakukan penanganan ruas jalan poros Kabupaten yang mengalami kerusakan.

"Beberapa pekan lalu Kami juga memperbaiki ruas jalan di Desa Tri Karya Mulya akses menuju tiga desa tua yakni Desa Kagungan Dalam, Sri Tanjung dan Tanjung Harapan di kecamatan Tanjung Raya," katanya.

"Saat ini kami sedang bekerja di ruas jalan poros penghubung antara Desa Tanjung Mas Rejo Kecamatan Mesuji Timur, ke arah lima desa di Kecamatan Mesuji atas," lanjutnya, Minggu 23 Juli 2023.

Selain itu menurutnya, jalan poros utama ini merupakan akses penghubung yang di gunakan masyarakat sebagai sumber sarana transportasi Darat untuk keluar masuk ke dalam desa dan di gunakan juga sebagai jalan utama masyarakat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari.

BACA JUGA:KKP Mulai Bangun Balai Benih Ikan Air Tawar di Mesuji

"Selain itu, jalan ini juga yang biasa di gunakan untuk mengangkut Hasil Panen Padi masyarakat yang ada di Lima Desa tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, Sikun mengucapkan terima kasih kepada Pemkan Mesuji yang sudah mulai melakukan proses perbaikan ruas jalan Kabupaten yakni dengan Perataan dan Penimbunan badan jalan ini tentunya sangat di nanti-nantikan oleh masyarakat terlebih menjelang musim panen raya padi.

Dimana biasanya masyarakat selalu mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah dan berimbas dengan hasil panen yang tidak sesuai karena lebih banyak pengeluaran untuk biaya ojek mengangkut hasil panen padinya yang harus di keluarkan oleh para petani menjadi sangat besar, tidak sebanding dengan harga gabah yang cenderung merosot saat musim panen tiba.

BACA JUGA:Pilkades Serentak Mesuji Masuki Tahapan Penetapan Nomor Urut

"Harapan kami, dengan adanya perbaikan jalan yang di timbun dan diratakan ini juga ke depan ada peningkatan ruas jalan poros yang di lakukan terutama jalan penghubung Lima Desa di Kecamatan Mesuji atas ini," kata Sikun.

"Karena, tetap yang kita khawatirkan saat musim hujan tiba. Sebab, kontur tanahnya yang labil di wilayah ini merupakan tanah gambut. Sehingga, apabila hujan turun terus-menerus dan dilalui oleh mobil truk-truk bermuatan berat, maka kondisi jalan pasti akan rusak kembali," tambahnya.

Kategori :