Harga Komoditas Pertanian di Mesuji Stabil, Segini Besarannya

Jumat 14-07-2023,17:00 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Harga komoditas pertanian seperti singkong, sawit dan karet di Kabupaten Mesuji dalam sepekan terakhir relatif stabil.

Untuk komoditas singkong harga saat ini berada di angka Rp1.580 perkilogram, sedangkan untuk harga Tandan buah segar (sawit) dihargai Rp1.945 perkilogram, dan untuk karet diharga Rp10.120 perkilogram. 

"Ya Alhamdulillah kalau karet, harga perkilogramnya itu idealnya sama dengan harga satu kilogram beras. Harga yang ada saat ini cukup baik dan kami tentu berharap harga bisa lebih baik lagi," kata Junet salah satu petani asal Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat 14 Juli 2023. 

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Hibahkan Mobil Dinas Baru Untuk Kejari, Begini Kata Kajari

Sementara itu Agus salah satu petani singkong di Mesuji Timur mengatakan jika harga salah satu komoditas pertanian seperti singkong saat ini ada di harga Rp1.580 perkilogram.

Menurutnya sebelum hari raya Idul Adha harga singkong pernah ada diharga Rp1.610 perkilogram, hal itu berlaku di lapak yang memberlakukan potongan 27 persen.

Sekarang harganya turun mungkin karena banyak yang penen makanya harga sedikit turun namun dengan harga diatas seribu tersebut relatif stabil bagi kami sebagai petani singkong.

BACA JUGA:Top! Kejari Mesuji Musnahkan 12.533 Lembar Uang Palsu, Nilainya Mencapai Rp 3 Miliar

Sedangkan untuk TBS sawit kata Agus, harganya saat ini masih dirasa cukup baik yakni Rp1.945 perkilogram.

"Harga sawit sekarang juga lumayan baik, kami bersyukur untuk itu. Kami hanya mengharapkan hasil panen, dengan cuaca sering hujan seperti sekarang ini, cukup menyulitkan mengeluarkan hasil panen karena kondisi jalan sedikit jadi lebih buruk," tuturnya.

Merujuk data yang dihimpun dari Bagian Ekonomi dan pembangunan (Ekbang) Sekretariat Kabupaten Mesuji, untuk harga sawit di PT Tunas Baru Lampung Rp1.945 perkilogram sedangkan di PT Garuda Bumi perkasa Rp1.920 perkilogram.

BACA JUGA:Mesuji Kembangkan Aplikasi Si Megapro, Apa Itu?

Kemudian untuk harga singkong Rp1.580 perkilogram dan di PT. Sari agro Manunggal Rp1.480 perkilogram.

Sedangkan untuk harga komoditas pertanian seperti karet Rp10.120 perkilogram dengan kualitas kering yang mencapai 55 persen. (*)

Kategori :