Mesuji Kembangkan Aplikasi Si Megapro, Apa Itu?

Rabu 12-07-2023,21:00 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Guna mempermudah pengelolaan data administrasi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Mesuji mengembangkan aplikasi Sistem Managemen Arsip Proyek (Si Megapro).

Menurut Sekretaris Disperkim Mesuji, Sugih Wibowo, aplikasi Si Megapro dibuat karena kerap alami kesulitan dalam mencari arsip proyek saat diperlukan, baik dalam pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun penegak hukum lainnya.

"Jadi administrasi proyek dapat diinput secara elektronik oleh operator Arsiparis. Ketika dokumen tersebut dibutuhkan, pengguna hanya perlu membuka aplikasi untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari PA, KPA, PPK, PPTK, dan pihak ketiga terkait," ujarnya, Rabu 12 Juli 2023.

BACA JUGA:Pengumuman! Seluruh Instansi Pemerintah dan Swasta Mesuji Diminta Pasang Baliho Ini

Selain itu, pengembangan aplikasi Si Megapro dilakukan dalam rangka memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Peraturan Bupati Mesuji Nomor 29 Tahun 2018 tentang Laboratorium Inovasi Daerah di Kabupaten Mesuji.

"Berdasarkan pengalaman, seringkali sulit menemukan dokumen-dokumen lama yang diperlukan karena belum dikelola dengan baik, terutama saat terjadi pergantian pejabat yang terlibat dalam proyek. Hal ini menyebabkan minimnya informasi yang terkait dengan proyek," tambahnya.

Sugih berharap bahwa aplikasi Si Megapro akan mempermudah dan membantu pegawai dalam mengelola arsip.

BACA JUGA:Pembangunan BTS Rampung, Pelajar di Mesuji Bahagia Kini Ada Sinyal Internet

"Tentunya, ini akan menghemat waktu kerja yang sebelumnya terbuang hanya untuk mencari arsip penting. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh unit kerja di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi lain yang ingin mengelola data dengan baik," lanjutnya. (*) 

Kategori :