Jelang Idul Adha 2024, Dinas Pertanian Tulang Bawang Cek Kesehatan Hewan Ternak, Ini Hasilnya

Senin 03-06-2024,06:43 WIB
Reporter : Rachmad Al Amin
Editor : Muhammad Zainal Arifin

Sementara itu, untuk penyakit antraks terdapat cairan darah yang keluar dari semua lubang. Baik dari lubang hidung, telinga dan dubur.

BACA JUGA:Ngeri, Ular Piton Sepanjang 4 Meter Makan 2 Ayam Warga Tulang Bawang dan Masuk Rumah

Khusus untuk penyakit antraks, sifatnya yakni zoonosis atau bisa menular kepada manusia dan berbahaya.

"Alhamdulillah tidak ada kasus Antraks yang menyerang hewan ternak di Tulang Bawang," tutupnya. 

Sebelumnya diberitakan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H Satgas Pangan Tulang Bawang juga telah bergerak mendatangi beberapa lokasi.

BACA JUGA:Puluhan Pejabat Tulang Bawang Dilantik Pj Bupati Qudrotul Ikhwan, Ini Daftarnya

Kedatangan Satgas Pangan tersebut untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting (Bapokting).

Sebanyak 8 lokasi di Tulang Bawang didatangi Satgas Pangan yang terdiri dari unsur Polres, Bulog, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Bidang Peternakan. 

8 lokasi tersebut diantaranya: kantor Bulog di Kecamatan Banjar Baru, CV Fajar Laut di Kecamatan Banjar Agung penyedia grosir minyak makan dan beras premium, Ud. Ikan Arwana di Pasar Unit 2 Banjar Agung penyedia grosir bawang merah dan bawang putih.

BACA JUGA:Masalah Lingkungan, DLH Tulang Bawang Bina 8 Tempat Pelayanan Kesehatan, Ini Daftarnya

Kemudian ada Dwipa Grosir di Pasar Unit 2 Kecamatan Banjar Agung penyedia grosir beras, Ud. H Udin di Pasar Unit 2 Kecamatan Banjar Agung penyedia grosir daging sapi, kambing, ayam dan kulit.

Selanjutnya Satgas Pangan mendatangi Toko kelontongan di Pasar Unit 2 Kecamatan Banjar Agung penyedia grosir beras, minyak makan dan gula, serta peternakan sapi H. Supodo di Kecamatan Banjar Margo yang merupakan salah satu agen besar distribusi hewan sapi.

Terakhir yakni peternakan kambing H. Pardianto di Kecamatan Banjar Margo yang merupakan salah satu agen besar distribusi hewan kambing.

BACA JUGA:Razia di Perbatasan Tulang Bawang, Ini yang Dilakukan Polres Tulang Bawang

Kegiatan pengawasan tersebut bertujuan untuk menjamin stabilitas harga bapokting, ketersediaan dan kelancaran distribusi pangan, serta hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H. (*)

Kategori :