314 CJH Tulang Bawang Tercatat Sudah Lunasi Bipih, Begini Imbauan Kemenag untuk Jamaah yang Belum Melunasi

Selasa 06-02-2024,17:30 WIB
Reporter : Rachmad Al Amin
Editor : Muhammad Zainal Arifin

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tulang Bawang mencatat hingga kini baru menerima biaya perjalanan ibadah haji (bipih) sebanyak 314 calon jamaah haji (CJH) tahun 2024 dari total kuota 377 jamaah yang ada, Selasa 6 Februari 2024

Pelunasan tahap satu tersebut telah dibuka pihaknya sejak tanggal 10 Januari 2024 lalu. Pelunasan akan dilakukan penutupan pada 12 Februari mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kemenag Tulang Bawang H. A. Jalaluddin yang didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Zainal Arifin menjelaskan, tahun 2024 jumlah kuota haji  reguler Tulang Bawang berjumlah 377 jamaah. Sedangkan kuota cadangan sebanyak 87 orang.

Dari jumlah itu, dirinya mengungkapkan sejak Senin 5 Februari 2024 pihaknya sudah menerima sebanyak 314 calon jamaah haji yang sudah melakukan pelunasan.

BACA JUGA:Perbedaan Biaya Haji dari Tahun ke Tahun di Indonesia

"Jumlah itu terbagi dari 281 jamaah reguler dan 33 orang jamaah cadangan," jelasnya.

Menurut H. A. Jalaluddin, jumlah biaya pelunasan yang harus segera dilunasi oleh jamaah yaitu sebesar Rp31.728.574.

Tahap pertama pelunasan sendiri akan berakhir pada 12 Februari mendatang.

"Saya menghimbau kepada para jamaah tahap satu agar dapat segera melakukan pelunasan, mengingat waktu pelunasan sudah mendekati masa penutupan," imbaunya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, 178 Jamaah Haji Tulang Bawang Tiba, Begini Kondisinya

Dirinya juga mengingatkan apabila jamaah tahap satu tidak dapat melakukan pelunasan hingga 12 Februari 2024, maka keberangkatannya akan ditunda pada kloter keberangkatan jamaah tahun 2025 mendatang.

"Kenapa harus segera dilunasi? Karena tahap kedua itu sudah tidak lagi dapat melakukan pelunasan. Pada 5 hingga 26 Maret tahap kedua diperuntukkan bagi jamaah gagal sistem, pendampingan dan penyandang disabilitas," paparnya.

Dirinya juga berharap kepada seluruh stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan haji ini dapat bekerjasama dengan baik dan maksimal kedepannya.

BACA JUGA:Segini Perkiraan Jumlah Calon Jamaah Haji Lampung Tengah Tahun 2024

"Dengan begitu para jamaah dapat terlayani dengan maksimal didalam mewujudkan impian mereka sebagai haji yang mabrur," harapnya. (*)

Kategori :