Dinas Perpustakaan dan Arsip Mesuji Kenalkan Aplikasi Srikandi, Apa Itu?

Kamis 21-09-2023,09:03 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) melaksanakan Kickoff Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara hibrid melalui saluran aplikasi zoom yang ikuti oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Arsip Nasional Republik Indonesia, Hilman Rosmana, Kadispusar Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung melalui zoom.

Kepala Pusat Data dan Informasi Arsip Nasional Republik Indonesia, Hilman Rosmana menyampaikan, Aplikasi Srikandi yang diluncurkan oleh Arsip Nasional RI dan dibangun bersama Kementerian PAN-RB, Kementrian Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Nasional.

Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib dalam Pengelolaan Arsip yang menjadi penentu tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

BACA JUGA:Mesuji Kembangkan Aplikasi Si Megapro, Apa Itu?

Sesuai Perpres No 95 Tahun 2018 tentang  Sistem Pemerintah Berbasis  Elektronik. 

"Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi wajib dalam Pengelolaan Arsip yang menjadi penentu tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, Harapannya penggunaan aplikasi Srikandi ini dapat didukung secara penuh oleh Pemerintah Daerah serta dukungan anggaran di tiap OPD," sebut Hilman.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Administrasi umum Pemkab Mesuji, Agus Haryanto menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan untuk mendorong terciptanya tertib administrasi kearsipan dalam penyelenggara Kearsipan di Kabupaten Mesuji.

BACA JUGA:Membanggakan, SMPN 11 Mesuji Raih Penghargaan Penyaji Unggulan Terbaik Festival Parekraf Lampung

"Apresiasi tinggi saya ucapkan terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan untuk mendorong terciptanya tertib administrasi kearsipan dalam penyelenggara Kearsipan di Kabupaten Mesuji," ucapnya.

Selain itu dia juga menambahkan bahwa Aplikasi tersebut dapat memudahkan dalam pelayanan kepada penanggungjawab maupun pengguna arsip terhadap akses informasi melalui ketersediaan arsip yang baik dan lengkap. 

"Oleh sebab itu saya ingin setiap unit kerja betul betul dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik, sehingga setiap dokumen yang diterbitkan dapat tertata dengan baik," imbuhnya.

BACA JUGA:Sudah Lama Mangkrak, Pembangunan Irigasi Gantung Dikeluhkan Petani Mesuji

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Mesuji, Gunarso mengatakan, di Lampung baru ada tiga kali Kickoff Aplikasi Srikandi, Yaitu Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji.

"Di Provinsi Lampung sendiri baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota baru dilaksanakan baru ada tiga kali Kickoff Aplikasi Srikandi, Yaitu Provinsi Lampung, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Mesuji," jelas Gunarso. (*)

Kategori :