Pesan Penting Dinas Pertanian Mesuji Jelang Musim Tanam, Petani Wajib Tau

Selasa 29-08-2023,12:00 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Muhammad Zainal Arifin

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji mengimbau kepada petani untuk menunda penanaman jika di akhir September ini tidak turun hujan.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Dinas Pertanian Mesuji, Halwan, jika penundaan penanaman harus dilakukan untuk menghindari Potensi gagal hanam. 

"Tentu yang sudah panen ini ada yang mau tanam. Kami anjurkan jika di Agustus sampai akhir  September tidak ada hujan, jadwal tanam harus mundur untuk hindari kerugian. Memang regulernya, penanaman dimulai di bulan Oktober," jelas Halwan, Senin 28 Agustus 2023.

Saat ini, dari 29.000 hektar luas tanam periode April-September, sudah ada sekitar 5.000 hektar yang panen. 

BACA JUGA:30 Desa di 3 Kecamatan Mesuji Rawan Kekeringan, Kepala BPBD Ungkap Hal Penting

"Rawajitu ini baru mulai panen. Untuk di Rawajitu Utara kondisi air untuk kebutuhan sawah masih cukup baik. Di Desa Telogo Rejo misalnya yang lebih dekat dengan garis laut, kondisi airnya belum payau," lanjut Halwan. 

Untuk potensi gagal panen akibat kekeringan, Halwan mencatat akan terjadi. Meski begitu, bukan berarti tidak ada solusi.  

"Yang berpotensi kekeringan adalah sawah di Kecamatan Simpang Pematang. Untuk luasan pastinya belum kami konfirmasi," katanya.

BACA JUGA:Masuki Musim Kemarau, Petani Padi Mesuji Kesulitan Air, Terancam Gagal Panen

"Kita akan optimalkan pompa-pompa air untuk mengambil air dari saluran irigasi. Pasti ada solusi, kami terus berupaya," imbuhnya. 

Disisi lain, Karim, petani dari Simpang Pematang katakan jika akibat kekeringan, air di sawah mulai kering. 

"Air sudah mulai kering, mudah mudahan padi kami bisa bertahan menjelang panen yang diprediksi akan terjadi di bulan depan," jelas dia. (*) 

Kategori :