Begini Cara Pemkab Lampung Tengah Wujudkan Transparasi Pengelolaan Dana BOS

Jumat 25-08-2023,21:11 WIB
Reporter : Suci Hartati
Editor : Muhammad Zainal Arifin

LAMPUNG TENGAH, RADARTUBA.CO.ID - Guna mewujudkan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disekolah yang transparasi, akuntabel dan bebas dari kecurangan serta bebas korupsi.

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) melakukan kesepakatan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung.

MoU dilakukan di Aula Siger Mas pada Kamis 24 Agustus 2023.

Penandatanganan Kesepakatan tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah sekaligus Sosialisasi Anti Korupsi dengan tema Pengelolaan Dana BOS.

BACA JUGA:Wanita Korban Lakalantas Tanpa Identitas Ditemukan di Lampung Tengah, Begini Ciri-cirinya

Ketua panitia pelaksana sekaligus Ketua Satgas Saber Pungli Kompol Poeloeng Arsa Sidanu menyampaikan, kegiatan ini di merupakan wujud komitmen dalam memberantas pungli guna mewujudkan good governence di Lamteng. 

"Pungli dapat merusak moral dan sistem yang telah berjalan dengan baik. Satgas saber pungli berkalaborasi dengan unsur terkait di Lamteng. Kehadiran BPKP ini diharapkan selain memberikan sosialisasi juga dapat meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik," jelas Poeloeng yang juga menjabat Wakapolres Lamteng ini.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi  Lampung Suyarsih Fifi Herawati berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang baik terutama unsur tenaga pendidik.

BACA JUGA:Program Penghijauan, Polres Lampung Tengah Tanam 1000 Pohon

"BPKP hadir sebagai badan pengawas yang tentunya memberikan wawasan dan penggunaan anggaran yang sesuai dengan fungsi pelaksanaan, sehingga kegiatan yang dilakukan bisa efisien," terangnya.

Suyarsih juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan sistem pengembangan daerah yg inovatif, dirinya melihat sejauh ini Lamteng sudah baik dan harus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan. 

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan, MoU ini bisa memberikan dampak yang baik dan bagaimana kita berkomitmen dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang ada.

BACA JUGA:Patut Dicontoh, Kampung Notoharjo Lampung Tengah Peringati Hari Kemerdekaan dengan Festival Bersholawat

"Kami tidak menuntut untuk menjadi malaikat namun jangan menjadi setan dalam menjalankan tugas dalam melayani masyarakat dan pegang teguh aturan yang ada. Kegiatan ini merupakan bentuk wujud kepedulian didunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa di Lamteng," tegas Musa Ahmad.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Provinsi Lampung, Forkopimda, Sekertaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Kepala MKKS, Ketua K3S, Kepala Sekolah. (*) 

Kategori :