Abpedsi Tulang Bawang Lakukan Bimtek, Ini Tujuannya

Abpedsi Tulang Bawang Lakukan Bimtek, Ini Tujuannya

Abpedsi Tulang Bawang melaksanakan bimbingan teknis-Rachmad Al Amin-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten TULANG BAWANG menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Balai Kampung Purwajaya, Kecamatan Banjar Margo, Kamis 27 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Ketua DPD ABPEDSI Tulang Bawang Pardianto mengatakan, bimbingan teknis ini sangat perlu guna meningkatkan Sumber Daya Mineral (SDM) terkhusus untuk kampung di Kecamatan Banjar Margo.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Kerja sama Antar Kampung (BKAK) dalam mengawal setiap proses kebijakan pemerintah kampung agar dapat berjalan dengan lancar, bersinergi dalam pembangunan kampung.

"BPK dan BKAK harus terus berkomitmen dengan pemerintah kampung dalam menjalankan tugas dan fungsinya, serta mengawal kebijakan pemerintah kampung yang sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 termasuk peraturan daerah Kabupaten Tulang Bawang," ungkapnya.

BACA JUGA:Hati-Hati, 5 Kecamatan di Tulang Bawang Lampung Rawan Terkena Puting Beliung

Lanjutnya, BPK merupakan mitra kepala kampung, oleh karena itu kerjasama dengan BPK diharapkan dapat terus objektif dalam pembahasan APBKam demi kepentingan masyarakat yang ada disetiap kampung. 

Tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintah kampung adalah menyerap aspirasi masyarakat, membuat peraturan kampung, pengawasan kinerja kepala kampung serta harmonisasi dengan pemerintahan kampung.

"Materi dalam kegiatan ini betul-betul bertujuan untuk meningkatkan kinerja di Kecamatan Banjar Margo agar dapat membantu dan memajukan pembangunan kampung kedepan. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga sinergitas BPK, BKAK dan kampung dapat memajukan pembangunan kampung agar dapat berjalan baik dan lancar," terangnya. (*) 

Sumber: