369 Jamaah Haji Tulang Bawang Dilepas Pj Bupati, Ini Pesannya

369 Jamaah Haji Tulang Bawang Dilepas Pj Bupati, Ini Pesannya

Pj Bupati Tulang Bawang melepas jamaah haji-Rachmad Al Amin-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Pj Bupati Qudrotul Ikhwan melepas sebanyak 369 jamaah haji Kabupaten TULANG BAWANG. Pelepasan itu digelar di Masjid Baiturrahman Islamic Center Kecamatan Menggala, Jumat 17 Mei 2024.

Pj Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan menuturkan Ibadah haji sebagai rukun islam yang kelima adalah ibadah wajib bagi umat Islam yang mampu.

Kata mampu dalam hal ini bukan hanya mampu secara material, tetapi mampu secara jasmani dan rohani.

"Alhamdulillah tahun ini sebanyak 369 orang saudara kita akan menjadi tamu Allah SWT. Semoga saudara sekalian diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah haji," ucap Qudrotul Ikhwan.

BACA JUGA:Manasik Haji, Begini Pesan Penting Kepala Kemenag Tulang Bawang dan Pj Bupati

Ia mengingatkan kepada seluruh jamaah agar selama ditanah suci dapat selalu menjaga kesehatan, agar seluruh rangkaian ibadah haji yang wajib maupun sunnah dapat dilaksanakan secara sempurna.

"Selain dengan kondisi alam, sebagai tamu di negeri orang saya harapkan para jamaah dapat menjaga nama baik Kabupaten Tulang Bawang dan bangsa Indonesia nantinya," harapnya.

Qudrotul Ikhwan juga menghimbau kepada petugas kloter yang terdiri atas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Petugas Haji Daerah ( PHD), sert ketua rombongan dan ketua regu agar menjalankan tugasnya dengan baik.

BACA JUGA:Adu Strategi 8 Sosok Bakal Calon Bupati Tulang Bawang, dari Mantan Bupati hingga Pejabat Bappenas RI

"Dampingi dan bantu selalu calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan khusyu," imbaunya.

Ditempat yang sama Kepala Kemenag Tulang Bawang, H. A Jalaluddin saat sambutannya menjelaskan adapun jumlah jamaah sendiri sebanyak 370 orang namun satu diantaranya tidak berangkat akibat sakit berat.

"Jadi total jamaah yang berangkat sebanyak 369 jamaah, yang mana terdiri dari 365 jamaah reguler, PHD 3 orang, dan KBIHU sebanyak 1 orang," ungkapnya.

BACA JUGA:Mantan Kadisdik Tulang Bawang Kembalikan Kerugian Negara Rp 2,8 Miliar

Adapun Jamaah tertua sendiri yaitu Tumirin (89) asal Kecamatan Dente Teladas, dan untuk Jamaah termuda yaitu Dina Novita sari (19) berasal dari Kecamatan Gedung Aji Baru.

Sumber: