136 Ormas Tercatat Aktif di Tulang Bawang, Kesbangpol Terapkan Sistem Barcode

136 Ormas Tercatat Aktif di Tulang Bawang, Kesbangpol Terapkan Sistem Barcode

Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, dan Ormas Kesbangpol Tulang Bawang Muhammad Solekhudin-Rachmad Al Amin-

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Sebanyak 136 Organisasi Masyarakat (Ormas) tercatat aktif di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten TULANG BAWANG, Rabu 24 Januari 2024.

Untuk melakukan pendataan kepada organisasi kemasyarakatan, pihaknya kedepan akan menggunakan sistem baru yaitu sistem Sipelor Emas

Dengan menggunakan sistem tersebut diharapkan nantinya dapat memberikan kemudahan dalam pendataan ormas kedepannya.

Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, dan Ormas, Muhammad Solekhudin mengatakan, hingga kini terdapat 140 organisasi masyarakat (ormas) yang telah melaporkan keberadaannya di Kesbangpol Tulang Bawang. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, 102 Atlet Tulang Bawang Dapat Bonus dari Pemerintah Daerah

Namun dari jumlah itu hanya 136 ormas yang tercatat, sedangkan 4 diantaranya masih belum memenuhi persyaratannya untuk tercatat sebagai ormas di Tulang Bawang melalui Kesbangpol.

"Karena saat ini kami sendiri sudah menerapkan sistem berupa barcode, yang mana menjadi salah satu syarat untuk tercatat di Kesbangpol," jelas Solekhudin.

Menurutnya dengan adanya sistem barcode ini pihaknya tidak akan langsung memasukkan persyaratan ke sistem sebelum syarat yang ada belum terpenuhi.

"Sistem barcode itu dia sudah mulai tertera di berkas kemenkumham serta dari SK Kemendagri, yang mana diwajibkan terhitung sejak tahun 2018 hingga 2024 saat ini," paparnya.

BACA JUGA:AKBP James H Hutajulu Resmi Jabat Kapolres Tulang Bawang, Berikut Profilnya

Bahkan menurutnya agar lebih mempermudah pendataan pihaknya berencana akan menerapkan Sistem Pendataan Organisasi Kemasyarakatan (Sipelor Emas) supelormas.

"Dengan adanya sistem ini nantinya diharapkan dapat lebih membantu bergerak cepat dan singkat dalam pendataan ormas," ungkapnya.

Solekhudin juga Berharap seluruh ormas yang ada di Kabupaten Tulang Bawang dapat bersama-sama bersinergi dalam mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. (*)

Sumber: