Peringati WCD 2023, Dinas Lingkungan Hidup Gotong Royong Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah

Peringati WCD 2023, Dinas Lingkungan Hidup Gotong Royong Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah

Aksi bersih-bersih sampah DLH Mesuji pada peringatan WCD 2023-Dokumentasi -

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten MESUJI menggelar aksi gotong royong pungut sampah dalam rangka World Cleanup Day (WCD) Tahun 2023 yang secara serentak pada tanggal 16 September 2023 setiap tahun dilakukan di seluruh dunia.

Untuk di Kabupaten Mesuji, kegiatan pungut sampah dilaksanakan di Alun-Alun Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang bersama masyarakat, anak-anak sekolah.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mesuji, Agung Subandara mengatakan, pada WCD Indonesia tahun 2023, kali ini bertema “Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih".

Aksi yang dilakukan yakni dengan kegiatan gotong royong pungut sampah serentak. 

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Lampung Uji Kualitas Udara 8 Daerah Ini, Hasilnya...

"Serentak di Kabupaten Mesuji melaksanakan aksi pungut sampah pada Jumat, 22 September 2023 melibatkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas, sekolah, pasar, desa serta pihak pelaku usaha dan industri di seluruh Kabupaten Mesuji,” kata Agung Subandara.

Kemudian, kegiatan ini berdasarkan ditetapkan melalui Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji No. LH.15.00/6366/IV.11/MSJ/2023 tanggal 20 September 2023 tentang World Cleanup Day (WCD) Tingkat Kabupaten Mesuji Tahun 2023.

Selain itu, dia juga menjelaskan, tujuan kegiatan aksi pungut sampah adalah agar tumbuhnya peduli akan kebersihan terhadap lingkungan, dalam arti terbentuknya budaya buang sampah, tidak cuek ketika melihat sampah terlihat di depan mata atau tidak sembarangan membuang sampah.

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Lampung Utara Ajak Masyarakat Buang Sampah Ditempat Resmi

“Diharapkan dengan turut sertanya Kabupaten Mesuji dalam mendukung kegiatan Wold Cleanup Day (WCD) Tahun 2023 maka dapat mendorong meningkatkan kepedulian dan perubahan prilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah juga guna menanamkan kepedulian lingkungan pada siswa sejak dini. Lingkungan sehat, maka kehidupan manusia di dalamnya akan ikut sehat,” harapnya.

Aksi pungut sampah di Kabupaten Mesuji terdiri dari seluruh fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas, sekolah, pasar, desa serta pihak pelaku usaha dan industri Se- Kabuapten Mesuji, berhasil mendapatkan sampah sebanyak 3.000 karung. (*) 

Sumber: