80 Calon PMI Mesuji Ikut Pelatihan, Ini yang Dipelajari

80 Calon PMI Mesuji Ikut Pelatihan, Ini yang Dipelajari

Para calon PMI mengikuti pelatihan-Dokumentasi-

MESUJI, RADARTUBA.CO.ID - Sebanyak 80 lebih calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ikuti uji kompetensi di Lembaga Pelatihan Kerja Luar Negeri (LPK-LN) Bintang Sukses Bersama (BSB) Mesuji, Jumat 26 Mei 2023.

Kegiatan uji kompetensi terhadap calon PMI tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Disnakertrans Mesuji Syamsi Hermansyah, perwakilan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Wiwit Novita dan Kepala LPK-LN BSB Bintang Purna Irawan. 

Kepala Bidang Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Syamsi dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada calon PMI dalam menempuh uji kompetensi. 

BACA JUGA: 112 CPNS Mesuji Resmi Ganti Status

"Selamat menempuh ujian uji kompetensi pada Hari ini dan harapannya kalian dapat lulus semua," ujarnya. 

Dengan begitu ungkap Syamsi para calon PMI ketika lulus dapat berangkat untuk bekerja dan mencapai hidup yang lebih baik. 

Ia pun berpesan kepada calon PMI yang melangsungkan uji kompetensi untuk meluncurkan niat bekerja ke luar negeri. 

Karena menurutnya bekerja keluar negeri adalah untuk mencari kerja dan menghasilkan penghasilan untuk merubah hidup yang lebih baik. 

BACA JUGA: Pemkab - Kejari Mesuji Kerjasama Penerangan Hukum

"Bukan malah untuk mencari masalah di negara tujuan," ucapnya. 

Maka dari itu, Syamsi berharap kepada calon PMI yang bakal berkerja ke luar negeri harus bersungguh-sungguh dan meluruskan niat. 

"Jadu kalau bisa ketika di sana ingat anaknya, ingat istrinya jika sudah menikah dan ingat orang tuanya. Sehingga hal yang negatif bisa kita minimalis," jelasnya. 

Dia menilai budaya bekerja di dalam negeri dengan di luar negeri tentunya sangat berbeda. 

Oleh sebab itu, kepada calon PMI saat ini harus mengikuti segala pelatihan dengan sungguh-sungguh, agar saat bekerja di luar negeri bisa mudah beradaptasi. 

Sumber: