Jumlah Siswa Sedikit, Dewan Pendidikan Lampung Tengah Sarankan Sekolah Merger

Rabu 02-08-2023,15:30 WIB
Reporter : Suci Hartati
Editor : Muhammad Zainal Arifin

LAMPUNG TENGAH, RADARTUBA.CO.ID - Dewan Pendidikan Lampung Tengah (Lamteng) menanggapi terkait adanya jumlah siswa baru di SDN 1 Komering Putih, Kecamatan Gunung Sugih pada PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 yang hanya berjumlah 3 murid baru.

Langkah yang dapat diambil adalah dengan dilakukan merger dengan sekolah lain.

Ketua Dewan Pendidikan Lampung Tengah Mahfud Santoso, melalui Sekertaris Dewan Pendidikan Sarjito saat dikonfirmasi Rabu 2 Agustus 2023 mengatakan, solusi yang dapat diambil adalah dengan melakukan merger dengan sekolah yang jumlahnya lebih besar.

"Apabila di kampung terdapat dua SD, maka lebih baik dilakukan merger atau di grouping dengan sekolah lain, supaya proses pembelajaran bisa berjalan efesien dan efektif," pesannya.

BACA JUGA:Penjelasan Disdikbud Lampung Tengah Terkait PPDB di SDN 1 Komering Putih yang Hanya Dapat 3 Siswa

Menurut Sarjito yang pernah menjabat Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Lampung Tengah ini, kondisi sedikitnya jumlah murid baru yang mendaftar di Kampung Komering dipengaruhi masyarakat yang ada di kampung tersebut.

"Dalam pendidikan menginginkan anaknya ke luar kampung, agar mendapat ilmu dan pengalaman yang lebih luas," jelas Sarjito.

Merger ini, lanjutnya, dapat dilakukan dengan dasar Keputusan Bupati Lamteng Musa Ahmad dan hal ini lebih memungkinkan bagi beberapa sekolah untuk merger dari jumlah muridnya di bawah 90. (*) 

Kategori :

Terpopuler