7 Amalan di Bulan Muharram yang Dapat Dilaksanakan, Nomor 4 Mengenang Syahidnya Cucu Nabi Muhammad SAW

Rabu 26-07-2023,22:30 WIB
Reporter : Muhammad Zainal Arifin
Editor : Muhammad Zainal Arifin

4. Mengingat peristiwa Karbala

Bulan Muharram khususnya tanggal 10 Muharram merupakan waktu untuk mengenang peristiwa tragis Karbala, yaitu pertempuran yang menyebabkan syahidnya cucu Nabi Muhammad, Imam Husain bin Ali, dan pengikutnya.

Umat Muslim sering mengadakan majelis-majelis pengajian untuk mengenang peristiwa ini dan mendalami pelajaran moral dan spirit yang bisa dipetik dari kisah tersebut.

BACA JUGA:Amalan Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki, Nomor 5 Bisa Membersihkan Hati

5. Berinfak dan beramal sholeh

Seperti bulan-bulan lain dalam tahun Islam, Muharram juga merupakan waktu yang baik untuk melakukan infak (berderma) dan amal sholeh lainnya, seperti memberikan makanan kepada fakir miskin, membantu yatim piatu, dan beramal di jalan Allah.

6. Membaca Al-Qur'an

Memperbanyak membaca Al-Qur'an dan merenungkan maknanya adalah amalan yang dianjurkan pada setiap waktu, termasuk bulan Muharram.

BACA JUGA:Amalan Sebelum Tidur Menurut Islam, Nomor 8 Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

7. Memperbanyak doa

Manfaatkan waktu ini untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa tentang kebutuhan pribadi, keluarga, dan seluruh umat Muslim.

Ingatlah bahwa amalan dan ibadah yang dilakukan dengan niat ikhlas dan diiringi dengan keikhlasan hati akan mendatangkan berkah dan balasan dari Allah SWT.

Tetaplah konsisten dalam melakukan ibadah di bulan Muharram dan di seluruh bulan-bulan Islam untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Allah. 

Demikian beberapa amalan yang dapat dilaksanakan pada bulan Muharram. (*) 

Kategori :

Terpopuler