Pj Bupati Tulang Bawang Resmikan Kampung Moderasi Beragama, Harapkan Toleransi Semakin Kuat

Rabu 26-07-2023,16:48 WIB
Reporter : Rachmad Al Amin
Editor : Muhammad Zainal Arifin

TULANG BAWANG, RADARTUBA.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan meresmikan Kampung Moderasi Beragama.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Tulang Bawang tersebut digelar di Kampung Ujung Gunung Ilir, Kecamatan Menggala.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi terciptanya kampung moderasi beragama di Tulang Bawang.

BACA JUGA:7 Kecamatan Rawan Banjir di Tulang Bawang Lampung, Nomor 3 Jadi Langganan Setiap Tahun

Tepatnya di Kampung Ujung Gunung Ilir dan Kampung Tri Tunggal Jaya.

"Dengan adanya kampung moderasi beragama menjadi contoh gerakan dalam pembinaan kerukunan pemahaman agama yang moderat yang setia dan cinta NKRI. Sosialisasi seperti ini dapat memperkuat toleransi, anti kekerasan dan saling menghormati budaya maupun tradisi masing-masing," ucapnya.

"Saya berharap dimomen ini dapat kita maknai serta mengimplementasikan kehidupan keberagamaan yang dianut masyarakat, terciptanya bermasyarakat yang harmonis tentunya menjadi salah satu keberhasilan sebuah program yang mana itu semua tidak hanya kemenag yang bertanggung jawab tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama," tambah Qudrotul. 

BACA JUGA:Ketua LKKS Lampung Riana Sari Arinal Bagi-Bagi Paket Sembako di Tulang Bawang, Ini Tujuannya

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Tulang Bawang A. Jalaluddin menerangkan, tujuan dari giat tersebut yaitu sebagai pembinaan kampung moderasi keberagaman sebagai informasi dan edukasi terkait keberagamaan kepada masyarakat, serta menyediakan sebuah forum konsultasi dalam bentuk diskusi antar warga dan penguatan pesan keagamaan yang berwawasan inklusif terbuka. 

"Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) ini dilakukan secara serentak di 1.500 titik secara nasional diseluruh Indonesia. Salah satunya Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki ragam budaya yang unik serta penduduknya majemuk dalam karakteristik dan latar belakang yang berbeda, memegang satu konstitusi UUD 1945 menjadi dasar pada ideologi Pancasila," ujar Jalaluddin.

BACA JUGA:Siap-siap, Polres Tulang Bawang Lakukan Operasi Bina Kusuma, Ini Sasaran dan Waktunya

Masih kata dirinya, kampung moderasi beragama menemukan konteks dan urgensinya.

Perspektif moderasi ini tidak saja merespons gejala berlebihan atau ekstrimitas yang sudah terdeteksi.

Namun juga secara proaktif mengantisipasi berkembangnya sejak dini. 

BACA JUGA:Judi Slot Pakai Uang Kantor, Kasir Lapak Singkong Tulang Bawang Buat Laporan Palsu ke Polisi, Akhirnya..

Kategori :